Kompas TV nasional wawancara

Sejumlah Lembaga Survei Nilai Kinerja Pemerintahan Jokowi-Ma ruf, Bagaimana Hasilnya?

Kompas.tv - 19 Oktober 2021, 22:00 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Sejumlah lembaga survei memberikan penilaian terhadap kinerja pemerintahan Jokowi Ma'ruf. Di tahun kedua ini, survei tepatnya di bulan Oktober, Litbang Kompas mencatat ada penurunan tingkat kepuasan publik jika dibandingkan April lalu.

Bulan April 2021, ada 69,1% publik yang menyatakan puas dengan kinerja Kabinet Jokowi Ma'ruf. Apresiasi ini menurun di bulan Okotber ini dengan kepuasan sebesar 66,4%. Sehingga jumlah kelompok yang tidak puas terhadap pemerintahan berjumlah 33,6%.

Apresiasi masyarakat terhadap kerja-kerja pemerintah di bidang hukum juga turun di angka 60,6% dari survei sebelumnya sebesar 65,6%.

Salah satu kasus yang menjadi perhatian adalah kasus Djoko Tjandra dan keterlibatan beberapa perwira polisi yang ikut membantu pelariannya. Indonesia Corruption Watch (ICW) menyebut kasus Djoko Tjandra menandakan ada kekacauan penegakan hukum di Indonesia.

Sementara Ketua Jaringan dan Kampanye YLBHI Arip Yogiawan mencatat bahwa pemerintah khususnya aparat masih cukup represif menangani unjuk rasa.

Baca Juga: KontraS Nilai Demokrasi Dalam Pemerintahan Jokowi Ma’ruf Makin Memburuk

Di sisi lain Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Sigit Pamungkas menyebut rotasi elit dan pelaksanaan pilkada serentak 2020 lalu menjadi salah satu poin penting yang menunjukan kerja keras pemerintah, khususnya di saat sulit menghadapi pandemi seperti saat ini. 

Di tengah tekanan pandemi, pergeseran antara isu ekonomi dan kesehatan, tentu juga menjadi faktor penilaian dari kinerja pemerintahan Jokowi Ma'ruf. Publik tentu menunggu, program kerja pemerintah yang lebih mutakhir, setidaknya dalam sisa masa jabatan tiga tahun ke depan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x