Kompas TV nasional sosial

BMKG: Waspada Fenomena La Nina November Hingga Februari

Kompas.tv - 19 Oktober 2021, 18:50 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Jelang akhir tahun 2021 hingga Februari 2022, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memperingatkan fenomena La Nina di Indonesia.

BMKG meminta warga mewaspadai peningkatan curah hujan hingga puting beliung.

Hujan es disertai puting beliung menerjang Madiun, Jawa Timur, Minggu sore. Hanya dalam 10 menit, puting beliung merusak puluhan rumah di enam desa di 4 kecamatan.

Di Desa Randu Alas, seekor sapi warga mati tertimpa kandang yang roboh.

Di Bangkalan, Jawa Timur, puting beliung memorak porandakan puluhan rumah dan kafe Senin siang. Dalam hitungan detik, puluhan atap rumah ambruk.

Sementara di Pinrang, Sulawesi Selatan, puting belung merusak 18 rumah warga dan sebuah masjid di Kecamatan Patampanua. 2 rumah rusak parah.

Baca Juga: Apa Itu La Nina? Fenomena Alam Penyebab Tingginya Curah Hujan di Indonesia

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika pun mengeluarkan peringatan dini fenomena La Nina jelang akhir tahun 2021 dan akan melemah pada Februari 2022.

Efek dari La Nina, curah hujan akan meningkat di hampir 20% wilayah Indonesia. 

Potensi bahaya cuaca ekstrem seperti puting beliung diperkirakan terjadi di sejumlah wilayah di Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara dan Sulawesi Selatan.

Dengan peringatan ini, pemerintah daerah dan masyarakat diminta semakin waspada atas ancaman bencana di musim hujan ini.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x