Kompas TV regional berita daerah

4 Tersangka Korupsi Transportasi Puskesmas Keliling Di Tambrauw Resmi Ditahan

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:40 WIB

SORONG, KOMPAS.TV - Kejaksaan Negeri Sorong, senin malam, resmi menahan empat tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan speed boat, untuk puskesmas keliling di kabupaten Tambrauw, Papua Barat. Para tersangka  akan ditahan selama dua puluh hari, menunggu pelimpahan berkasnya, ke pengadilan tindak pidana korupsi, di Manokwari, Papua Barat.

Setelah diperiksa selama kurang lebih tiga belas jam, sekitar pukul 22.17 WIT, pada senin malam, ke empat tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan speed boat, untuk puskesmas keliling di kabupaten Tambrauw, Papua Barat, tahun anggaran 2016, akhirnya ditahan penyidik Kejaksaan Negeri Sorong.

Ke empat tersangka yang ditahan ini diantaranya  p-t, o-b, y-a-w, dan k-k. Mereka kemudian dikenakan rompi merah muda bertuliskan, tahanan Tipikor Kejaksaan Negeri Sorong. Dan mereka kemudian digiring penyidik Kejaksaan Negeri Sorong, menuju mobil, untuk kemudian dititipkan di lapas kelas II B Sorong.

Ke empat orang ini diduga terlibat tindak pidana korupsi, pengadaan speed boat dinas kesehatan kabupaten Tambrauw, yang akan digunakan untuk puskesmas keliling. Dimana pada tahun 2016, dinas kesehatan kabupaten Tambrauw, melaksanakan kegiatan, pengadaan puskesmas keliling, dengan nilai kontrak sebesar Rp. 2.178.420.000 (dua milyart seratus tujuh puluh delapan juta empat ratus dua puluh ribu rupiah).

Selanjutnya sesuai kontrak tertanggal 01 maret 2016, proyek ini dikerjakan Cv Ribafa, yang dipimpin yaw, yang sebelumnya telah menandatangani surat perjanjian dengan pejabat pembuat komitmen, o-b. Pengerjaan proyek ini, seharusnya dilakukan lewat lelang terbuka, sesuai aturan pengadaan barang dan jasa, namun kepala dinas kesehatan, p-t pada saat itu, justru mengarahkan agar tersangka yaw, yang mengerjakan proyek tersebut.

Dari hasil audit badan pengawasan keuangan dan pembangunan, BPKP, ditemukan kerugian negara sebesar Rp. 1.950.676.090 (satu milyar sembilan ratus lima puluh juta enam ratus tujuh puluh enam ribu sembilan ratus rupiah).

#SorongPapuaBarat #Korupsi #PemerintahDaerah

Penulis : KompasTV Sorong

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


SINAU

Mau Ngekos? Wajib Tahu Plus Minus Ngekos

Rabu, 24 November 2021 | 21:29 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
21:51
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19