Kompas TV nasional hukum

Buntut Polisi Banting Mahasiswa, Kapolri Listyo Sigit Terbitkan Surat Telegram Pencegahan Kekerasan

Kompas.tv - 18 Oktober 2021, 22:22 WIB
buntut-polisi-banting-mahasiswa-kapolri-listyo-sigit-terbitkan-surat-telegram-pencegahan-kekerasan
Kepala Kepolisian RI (Kapolri), Jenderal Listyo Sigit Prabowo, menginstruksikan pada jajarannya untuk menindak penyelenggara pinjaman online (pinjol) ilegal. (Sumber: Humas Polri)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menerbitkan surat telegram bernomor ST/2162/X/HUK.2.8./2021 per tanggal 18 Oktober 2021.

Surat telegram tersebut berisikan tentang mitigasi dan pencegahan kasus kekerasan berlebihan yang dilakukan oleh anggota Polri.

Baca Juga: Kasus di Luwu Timur Dinilai Cacat Penyidikan, Kompolnas: Momentum Bagus Evaluasi Peraturan Kapolri

Surat telegram yang ditandatangani oleh Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo atas nama Kapolri dibuat dengan tujuan agar ada kepastian hukum serta rasa keadilan.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono saat dikonfirmasi membenarkan telah terbitnya surat telegram Kapolri tersebut. 

"Benar (surat telegram tersebut)" kata Argo saat dikonfirmasi pada Senin (18/10/2021).

Dalam surat telegram itu, Kapolri menginstruksikan agar kasus yang ditangani Polsek Percut Sei Tuan Polrestabes Medan yang dianggap tidak profesional dan proporsional dalam penanganan kasus penganiayaan tidak terulang kembali.

Baca Juga: Komisi III: Kapolri Harus Intruksikan Kapolda Banten untuk Usut Polisi yang Diduga Banting Mahasiswa

Diketahui, Polsek Percut Sei Tuan jadi sorotan publik karena menetapkan seorang wanita pedagang cabai sebagai tersangka karena membela diri saat dianiaya oleh preman.

Kedua, adanya peristiwa anggota Polresta Tangerang yang membanting mahasiswa hingga kejang-kejang saat unjuk rasa. 

Ketiga, kasus Satlantas Polres Deli Serdang, Sumatera Utara, yang melakukan penganiayaan terhadap pengendara sepeda motor.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x