Kompas TV nasional peristiwa

Musim Hujan Diprediksi Tiba Bertahap Mulai Oktober hingga Desember, Ini Penjelasan BMKG

Kompas.tv - 18 Oktober 2021, 22:01 WIB
musim-hujan-diprediksi-tiba-bertahap-mulai-oktober-hingga-desember-ini-penjelasan-bmkg
Prakiraan cuaca BMKG menunjukkan DKI Jakarta akan mengalami hujan ringan dan cerah berawan. (Sumber: Kompas/Ant/Nova Wahyudi)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan saat ini Indonesia tengah memasuki masa peralihan ke musim hujan.

Sebagaimana prediksi BMKG pada Agustus lalu, bahwa musim hujan diprakirakan akan maju dari November menjadi Oktober 2021.

Deputi Klimatologi Urip Haryoko mengatakan, musim hujan tidak serentak berlangsung di seluruh Indonesia, melainkan bertahap mulai Oktober, November, hingga Desember 2021.

"Secara umum, sampai dengan bulan November 2021 nanti, diprakirakan 87,7 persen wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan," kata Urip dalam Konferensi Pers BMKG secara daring, Senin (18/10/2021).

Sementara pada akhir bulan Desember 2021, BMKG memprakirakan 96,8 persen wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan.

Baca Juga: Waspada Dampak La Nina, BMKG: Mulai dari Longsor, Banjir hingga Angin Puting Beliung

Kendati demikian, Urip mengingatkan masyarakat untuk melakukan mitigasi terhadap berbagai potensi bencana hidrometeorologi yang bisa terjadi akibat fenomena La Nina dan memicu curah hujan tinggi.

Adapun, potensi bencana hidrometeorologi yang harus diwaspadai, seperti banjir, longsor, banjir bandang, angin kencang atau puting beliung ataupun badai tropis.

Meski ada hal yang perlu diwaspadai, di tengah curah hujan tinggi masyarakat juga bisa memanfaatkan untuk memulai lebih awal periode masa tanam.

Selain itu, curah hujan yang tinggi bisa dimanfaatkan untuk menampung air yang cukup supaya bisa memenuhi kebutuhan saat periode musim kemarau.

Berikut ini wilayah yang diprediksi memasuki musim hujan pada Oktober 2021.

Aceh bagian timur, Riau bagian tenggara, Jambi bagian barat, Sumatra Selatan bagian tenggara, Bangka Belitung, Banten bagian barat, Jawa Barat bagian tengah.

Lalu, Jawa Tengah bagian barat dan tengah, sebagian Daerah Istimewa Yogyakarta, sebagian kecil Jawa Timur, Kalimantan Tengah bagian timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Baca Juga: Waspada La Nina! BMKG Sebut Curah Hujan di Indonesia Akan Terus Meningkat Hingga Februari 2022

 

 

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x