Kompas TV olahraga kompas sport

Taufik Hidayat Kritik Pemerintah: Jangan Harap Tuan Rumah Olympic, Urusan Kecil Saja Tak Beres

Kompas.tv - 18 Oktober 2021, 13:18 WIB
taufik-hidayat-kritik-pemerintah-jangan-harap-tuan-rumah-olympic-urusan-kecil-saja-tak-beres
Taufik Hidayat saat masih aktif sebagai atlet bulu tangkis. (Sumber: KOMPAS.COM)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Taufik Hidayat lancarkan kritik tajam kepada institusi olahraga Tanah Air, KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia), KOI (Komite Olimpiade Indonesia)  termasuk Menteri Olahraga, sebagai buntut bendera Mereh Putih yang tak bisa dikibarkan di Piala Thomas 2020 karena Indonesia kena sanksi dari World Anti Doping Agency (WADA).

Legenda bulu tangkis Indonesia itu, mengkritik institusi olahraga Tanah Air yang kurang sigap dalam menangani kasus yang berujung dihukumnya Indonesia oleh WADA.

Sembari mengunggah momen kemenangan Jonathan Christie cs di Piala Thomas 2020 di Instagram, Taufik Hidayat mempertanyakan mengapa tak ada bendera Merah Putih yang berkibar.

"Selamat piala Thomas Cup kembali ke INDONESIA, terima kasih atas kerja kerasnya team Bulutangkis Indonesia. Tapi ada yang aneh, bendera Merah Putih gak ada? Diganti dengan bendera PBSI," tulis Taufik Hidayat dalam akun @taufikhidayatofficial, Minggu (17/10/2021).

Baca Juga: Taufik Hidayat Kritik Pemerintah soal Tak Ada Bendera Merah Putih di Piala Thomas: Kerjamu Ngapain

Dalam unggahan sama, Taufik bertanya, "ada apa dengan LADI dan pemerintah kita? Khususnya Menpora Koni dan Koi? Kerjamu selama ini ngapain aja? Bikin malu negara indonesia aja.." tulisnya.

Atas hukuman dari WADA untuk Indonesia tersebut, Taufik merasa pesiis soal nasib olahraga Tanah Air. 

"Jangan ngarep jadi Tuan rumah olympic or piala dunia….urusan kecil aja gak bisa beres," kata dia.

Sebelumnya, dalam sebuah wawancara KOMPAS.TV, Taufik mengatakan harsunya hukuman tersebut mestinya tak terjadi jika pemerintah institusinya serius.

"Ini kan seharusnya tidak perlu terjadi. LADI (Lembaga Anti-Doping Indonesia) itu kan sudah lama, walau ada konflik atau apa pun itu kan ada Plt dan pejabat yang lain," kata Taufik Hidayat dalam Breaking News KOMPASTV, Minggu (17/10/2021) malam.

"LADI juga di bawah pemerintahan. Kok tidak saling mengingatkan?" kata Taufik dengan heran. 

Kata Taufik, kejadian tersebut mesti menjadi pekerjaan rumah salah satu institusi pemerintahan olahraga, "jangan sampai bikin malu negara kita sendiri."

Baca Juga: Merah Putih Tak Berkibar di Piala Thomas 2020, Taufik Hidayat: Apa Kita Enggak Malu?

Taufik mempertanyakan orang pemerintah yang bekerja di olahraga dan mereka yang ingin Indonesia tuan rumah Piala Dunia atau Olimpiade.

"Hal kecil seperti ini saja tidak bisa mengurus. Jangan bikin malu negara Indonesia sendiri gitu loh. Coba di luar negeri, apa ada yang tahu PBSI?" kritik Taufik Hidayat.  

"Mudah-mudahan atletnya tidak terpengaruh dengan hal itu. Mereka sedang senang, sedang euforia dan bangga bisa membawa pulang Piala Thomas ke Tanah Air," harapnya.

Baca Juga: Taufik Hidayat Deg-degan saat Menyaksikan Indonesia di Final Piala Thomas 2020



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x