Kompas TV regional berita daerah

Sandi dan Gibran Sepakat Kembangkan Ekonomi Kreatif

Kompas.tv - 18 Oktober 2021, 12:03 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno ke Solo beberapa hari lalu menyempatkan diri untuk menyaksikan pagelaran wayang kulit.

Di sini Sandi melihat dalam kesenian wayang kulit banyak yang terlibat. Mulai dari produksi wayang, untuk membuat satu set wayang yang jumlahnya mencapai sekitar 400 karakter, akan melibatkan banyak pekerja, artinya banyak menyerap lapangan kerja.

Begitu juga dalam pagelaran wayangnya, paling tidak akan membutuhkan sekitar 30-40 orang. Namun jika kondisi sudah kembali, jumlah penonton off air akan lebih banyak lagi. Menurut Sandi, para pelaku seni ini diharapkan bisa masuk program prakerja untuk mempersiapkan mereka paska pandemi.

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabumi, mengatakan secara bertahap kesenian dan  pariwisata kembali dilongarkan, setelah target vaksin terpenuhi dan level PPKM Kota Solo semakin membaik.

Dengan kembali digelarnya kegiatan kesenian diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarat Solo. Oleh karena itu, para pemain seni diharapkan bisa bersama-sama menjaga protokol kesehatan sehingga kegiatan pementasan terus berlanjut.

#sandiagauno #menparekraf #gibranrakabumingraka

 



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x