Kompas TV internasional kompas dunia

Ingin Ramah Lingkungan, El Salvador Tambang Bitcoin Pakai Panas Gunung Api

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 12:46 WIB
ingin-ramah-lingkungan-el-salvador-tambang-bitcoin-pakai-panas-gunung-api
Pembangkit listrik La Geo, Berlin, El Salvador yang menjadi tempat penambangan Bitcoin. Foto diambil dari udara pada Jumat (15/10/2021). (Sumber: Salvador Melendez/Associated Press)

SAN SALVADOR, KOMPAS.TV - El Salvador menjadi negara pertama yang mengadopsi Bitcoin sebagai mata uang nasional. Mata uang kripto itu sah menjadi alat transaksi di El Salvador dan negara berupaya ikut menambangnya.

Presiden El Salvador Nayib Bukele pun berjanji akan menggunakan energi terbarukan yang murah untuk menambang Bitcoin.

Aktivitas penambangan Bitcoin sendiri menuai kritik. Pasalnya, aktivitas ini mengonsumsi listrik secara masif dan meninggalkan jejak karbon yang tinggi.

Baca Juga: Bitcoin Resmi Jadi Alat Pembayaran di El Salvador

Sebagai solusi, Presiden Bukele hendak menggunakan listrik dari sumber energi geotermal untuk menambang Bitcoin.

Salah satu pembangkit listrik yang sudah digunakan ada di dekat Gunung Api Tecapa, sekitar tiga jam perjalanan ke timur dari ibu kota San Salvador. Pemerintah memasang ratusan CPU di Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi La Geo di Berlin, Usulutan.

Associated Press melaporkan, 300 CPU beroperasi dalam sebuah rumah gandeng di pembangkit listrik itu. Mereka beroperasi siang dan malam memverifikasi transaksi Bitcoin.

Fasilitas tersebut menggunakan uap bertekanan tinggi yang dihasilkan panas gunung api di bawah tanah, sesuatu yang ingin dikembangkan Bukele.

“Kami tidak bergantung pada minyak, gas alam, atau sumber energi lain yang tidak terbarukan,” kata Presiden Komite Eksekutif Pembangkit Listrik Tenaga Air Rio Lempa, El Salvador, Daniel Avarez.

Akan tetapi, kebijakan pemerintah El Salvador tetap dikritik kendati berupaya ramah lingkungan. Pasalnya, menurut direktur organisasi lingkungan El Salvador, Luis Gonzalez, energi terbarukan lebih baik digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi warga.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:38
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19