Kompas TV religi beranda islami

Anjuran Membaca Ayat Kursi Sebelum Tidur, Agar Selalu Terlindungi saat Lelap

Kompas.tv - 15 Oktober 2021, 15:20 WIB
anjuran-membaca-ayat-kursi-sebelum-tidur-agar-selalu-terlindungi-saat-lelap
Ilustrasi tidur, baiknya juga membaca ayat kursi agar selalu dilindungi oleh-Nya (Sumber: bavorndej)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Membaca ayat suci sebelum tidur begitu anjurkan dalam Islam. Alasannya, dengan membaca surat ini, kita berdoa kepada Allah untuk senantiasa dijaga dari segala marabahaya ketika kita terlelap.

Ayat kursi sendiri adalah bagian dari Surat Al-Baqarah ayat 255. Rasul bersabda terkait dengan membaca ayat kursi sebelum tidur, sebagai upaya melindungi diri lewat ayat-Nya.

“Bila engkau akan beranjak ke tempat tidurmu maka bacalah Ayat Kursi karena sesungguhnya ia (dapat menjadikanmu) senantiasa mendapatkan penjagaan dari Allah SWT dan setan tidak akan mendekatimu hingga subuh tiba." (HR Bukhari).

Anda bisa mengamalkannya sebelum tidur, sebelumnya bisa juga membaca doa dan zikir sebelum tidur terlebih dahulu, baru ayat kursi.

Baca Juga: Zikir Ringan Pengantar Tidur, Baca 7 Kali untuk Menjaga Keluarga Kita

Berikut bacaaan Arab ayat Kursi, Arab Latin dan Maknanya

Bacaan teks Arab ayat kursi untuk doa sebelum tidur (Sumber: dedik priyanto/kompas.tv)

Latin: ALLAHU LAAILAHA ILLA HUWAL HAYYUL QAYYUM LA TA'HUDUHU SINATUWWALANNAUM, LAHU MAFISSAMAWATI WA MA FIL 'ARDH, MAN DZALLADZI YASY'FA'UN 'INDAHU ILLA BIIDZNIH, YA'LAMU MA BAINA AIDIIHIM WA MA KHOLFAHUM WALA YUHIITUNNA BISYAIN MIN ILMIHI ILLA BIMAASYA, WASYI'A KURSYYUHUSSMAWATI WAL'ARD, WA LAA YAUDUHU HIFDZUHUMU WAHUWAL ALIYYUL ADZIM

Artinya: "Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar."

Semoga melalui Ayat Kursi ini kita senantiasa dilindungi oleh Allah SWT dari kejamnya malam dan kegelapan. Amin. Wallahu a’lam.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x