Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Turis Asing yang Liburan ke Bali dan Kepri Harus Kantong Asuransi Senilai Rp 1 Miliar

Kamis, 14 Oktober 2021 | 13:33 WIB
turis-asing-yang-liburan-ke-bali-dan-kepri-harus-kantong-asuransi-senilai-rp-1-miliar
Kawasan wisata Lagoi Bintan, Kepulauan Riau. (Sumber: Kompas.tv/Ant)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mulai hari ini, Kamis (14/10/2021), turis asing dari 19 negara diperbolehkan datang ke Bali dan Kepulauan Seribu. Namun, ada sejumlah syarat yang harus dimiliki, salah satunya asuransi kesehatan. 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam keterangan pers kemarin, menyampaikan, asal turis asing yang diiizinkan masuk yaitu Italia, Perancis, Spanyol, Portugal, Norwegia, Swedia, Polandia, Hungaria, dan Liechtenstein. 

Dari Timur Tengah ada Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Qatar, Bahrain, dan Kuwait. Disusul, India, China, Jepang, Korea Selatan, dan Selandia Baru. Mereka hanya bisa masuk lewat penerbangan langsung ke Bali dan Kepulauan Riau. 

"Turis asing yang masuk ke Indonesia harus sudah divaksin lengkap, setidaknya 14 hari sebelum keberangkatan ke Tanah Air. Mereka juga harus memiliki asuransi kesehatan yang mencakup pengobatan Covid-19 dengan nilai pertanggungan 100.000 USD atau setara Rp 1 miliar," kata Luhut. 

Selain syarat tersebut, turis asing juga harus memiliki hasil RT-PCR negatif dalam kurun waktu 3x24 jam. Lalu, menanggung sendiri akomodasi karantina lima hari. 

Baca Juga: Sah! Kartini Sjahrir, Adik Luhut Binsar Pandjaitan Jadi Komisaris Lippo Karawaci

Pandemi telah membuat Indonesia alami resesi pada tahun lalu. Pertumbuhan ekonomi terkontraksi hingga 2,07 persen. Tahun ini, Indonesia berhasil keluar dari zona resesi setelah pertumbuhan ekonomi di triwulan kedua tumbuh 7,07 persen.  

Harapan akan perbaikan ekonomi mulai terlihat di Bali setelah rata-rata kasus harian Covid-19 turun dari angka 1.000 kasus pada tiga bulan lalu, menjadi di bawah 100 sehari. 

Sementara itu, Kepulauan Riau sempat membuka travel bubble untuk turis Singapura. Namun, pekan lalu pemerintah setempat mengonfirmasi travel bubble itu dibatalkan. 

Dikonfirmasi oleh Luhut, hal itu diputuskan karena ada kualifikasi status angka kasus harian Covid-19 yang tidak sesuai. “Kriteria status level 1 dan level 2 menurut standar Organisasi Kesehatan Dunia belum ketemu," katanya.

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:35
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19