Kompas TV klik360 sinau

Mengenal Kaonak dan Ararem Tradisi Unik dari Tanah Papua

Rabu, 13 Oktober 2021 | 20:12 WIB

KOMPAS.TV- Indonesia memiliki beragam keunikan dari setiap daerahnya. Termasuk di Papua, khususnya di wilayah pegunungan tengah. Papua dijuluki sebagai surga kecil yang jatuh ke Bumi. Tentu bukan tanpa alasan. Banyak keunikan di sana, salah satunya ada gestur jabat tangan yang unik, disebut dengan Kaonak.

Melanisr akun instagram Ussfeeds. Kaonak dilakukan dengan menyodorkan jari telunjuk yang dibengkokan. Kemudian dijepitkan, di antara jari telunjuk dan jari tengah lawan bersalaman. Kemudian di hentakan bersama-sama sampai berbunyi.  Bagi warga Papua, salam atau jabat tangan Kaonak ini sebagai tanda perdamaian umat beragama di Papua. Juga sebagai tanda, saling mengasihi.

Kemudian tradisi Ararem, dari suku Biak, yaitu mengantar mas kawin atau Ararem. Dari calon suami kepada calon istri, dalam tradisi ini, ditemani iringan tarian.

Beserta tabuhan Tifa, alat musik khas Papua. Membawa piring gantung di atas kepala. Keluarga calon suami akan berjalan kaki dan menari seperti pawai. Bersama tarian yang religius yaitu tarian Wor.

Sambil menari tanpa henti sampai di rumah keluarga calon sitri. Piring gantung, bagi warga Biak, bermakna sebagai kehormatan, harga diri, dan tanda penghargaan yang besar. Harganya bisa mencapai puluhan, hinga ratusan juga rupiah. 

Baca Juga: Memahami Nilai, Warisan Budaya serta Leluhur Indonesia, Papua dan Pasifik

https://www.kompas.tv/article/221193/memahami-nilai-warisan-budaya-serta-leluhur-indonesia-papua-dan-pasifik 

Grafis: Agus Eko Apriyanto

Penulis : Sunbhio Pratama

Sumber : diolah dari berbagai sumber


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:12
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19