Kompas TV video sinau

Mengenal Kaonak dan Ararem Tradisi Unik dari Tanah Papua

Kompas.tv - 13 Oktober 2021, 20:12 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Indonesia memiliki beragam keunikan dari setiap daerahnya. Termasuk di Papua, khususnya di wilayah pegunungan tengah. Papua dijuluki sebagai surga kecil yang jatuh ke Bumi. Tentu bukan tanpa alasan. Banyak keunikan di sana, salah satunya ada gestur jabat tangan yang unik, disebut dengan Kaonak.

Melanisr akun instagram Ussfeeds. Kaonak dilakukan dengan menyodorkan jari telunjuk yang dibengkokan. Kemudian dijepitkan, di antara jari telunjuk dan jari tengah lawan bersalaman. Kemudian di hentakan bersama-sama sampai berbunyi.  Bagi warga Papua, salam atau jabat tangan Kaonak ini sebagai tanda perdamaian umat beragama di Papua. Juga sebagai tanda, saling mengasihi.

Kemudian tradisi Ararem, dari suku Biak, yaitu mengantar mas kawin atau Ararem. Dari calon suami kepada calon istri, dalam tradisi ini, ditemani iringan tarian.

Beserta tabuhan Tifa, alat musik khas Papua. Membawa piring gantung di atas kepala. Keluarga calon suami akan berjalan kaki dan menari seperti pawai. Bersama tarian yang religius yaitu tarian Wor.

Sambil menari tanpa henti sampai di rumah keluarga calon sitri. Piring gantung, bagi warga Biak, bermakna sebagai kehormatan, harga diri, dan tanda penghargaan yang besar. Harganya bisa mencapai puluhan, hinga ratusan juga rupiah. 

Baca Juga: Memahami Nilai, Warisan Budaya serta Leluhur Indonesia, Papua dan Pasifik

https://www.kompas.tv/article/221193/memahami-nilai-warisan-budaya-serta-leluhur-indonesia-papua-dan-pasifik 

Grafis: Agus Eko Apriyanto



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x