Kompas TV regional berita daerah

Dituntut Beradaptasi, Pelaku UMKM di Malang Belajar Pemasaran Digital

Kompas.tv - 12 Oktober 2021, 20:30 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV- Sebanyak 110 pelaku UMKM di Kota Malang mengikuti pelatihan pemasaran produk secara digital, Selasa (12/10/2021).

Pelatihan bagi UMKM ini digelar oleh Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan atau Diskoperindag Kota Malang dengan menggandeng perusahaan marketplace yang memberikan pemahaman dan pelatihan pemasaran digital. 

Pengemasan, cara mengunggah foto, dan cara menampilkan produk agar terlihat menarik menjadi salah satu kunci yang diberikan dalam pelatihan bagi UMKM. 

Kepala Diskoperindag Kota Malang Muhamad Sailendra mengatakan, bahwa pelatihan ini dilakukan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan bagi pelaku UMKM agar bisa memanfaatkan pasar digital untuk menawarkan produk mereka.

"Dunia sekarang ini mau gak mau kita membutuhkan itu, orang sudah terbiasa pake gadget, komunikasi pake gadget transaksi pake gadget, mau gak mau UMKM harus mempelajari ini dan menerapkan ini" ujarnya.

Sementara itu, pihak perusahaan e commerce atau marketplace yang memberikan pelatihan ini menyebut ada beberapa hal yang harus diketahui oleh pelaku UMKM agar produk mereka menarik.

"Banyak seller yang sudah punya produk tapi belum memahami proses logistik yang bagus. Pengiriman ke rumah konsumen seperti apa, apa arti COD" ujar Adhi Pratama dari perusahaan marketplace.

Sementara itu salah satu pelaku UMKM, Rasi, mengaku gagap teknologi menjadi kendala bagi dirinya. 

Selain menawarkan produknya secara langsung, selama ini dirinya hanya mengandalkan pesan WhatsApp sebagai media untuk menawarkan produknya.

"Kalau buat saya susah. Saya ini gaptek, gak bisa buat foto-foto bagus, belum bisa. Disini ada pembelajaran Alhamdulillah bersyukur bisa nambah ilmu" kata Rasi.

Dengan pelatihan yang diberikan kepada UMKM diharapkan pelaku UMKM bisa memaksimalkan penjualan produk mereka, baik secara konvensional maupun secara digital.

#umkm #marketplace



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x