Kompas TV nasional update corona

Indeks Pemulihan Covid-19 Indonesia Peringkat 1 di ASEAN

Kompas.tv - 12 Oktober 2021, 16:44 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Menurut kantor berita Jepang Asia Nikkei, Indonesia menjadi negara dengan penanganan covid-19 terbaik di Asia Tenggara.

Indonesia menempati peringkat ke-54 dunia, sebelumnya berada di posisi 92. Meski demikian, pemerintah meminta semua pihak untuk tetap waspada mengingat pandemi covid-19 belum berakhir.

Situasi pandemi covid-19 di Indonesia terus membaik. Hal ini terlihat dari kasus positif dan kematian akibat covid-19 terus menunjukan tren penurunan.

Semakin membaiknya situasi pandemi covid-19 di Indonesia membuat Indonesia menjadi negara dengan penanganan covid-19 terbaik di Asia Tenggara.

Menurut Nikkei Recovery Index, Indonesia menempati peringkat ke-54 dunia dengan nilai 54,5. Sebelumnya, Indonesia berada di posisi ke-92.

Capaian ini juga menempatkan Indonesia sebagai negara peringkat pertama indeks pemulihan covid-19 di Asia Tenggara.

Di posisi kedua ada Singapura yang berada di peringkat ke-70 diikuti kamboja di peringkat ke-76 kemudian Malaysia di peringkat ke-102 dan Myanmar di peringkat ke-105 sedangkan Thailand berada di peringkat ke-109.

Sementara tiga negara ASEAN yakni Vietnam, Laos dan Filipina menempati tiga terbawah.

Meski menunjukkan perbaikan, Menteri Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengimbau masyarakat agar tidak terlena dengan perbaikan kasus covid-19. Terlebih ada risiko lonjakan kasus di masa liburan Natal dan Tahun Baru.

Baca Juga: Menyikapi Indeks Pemulihan Covid-19 Indonesia yang Saat Ini Disebut Teratas di ASEAN oleh Nikkei

Berdasarkan data satgas penangan covid-19, kasus positif di Indonesia per Senin 11 Oktober 2021 bertambah sebanyak 620 kasus baru.

Dengan demikian, total kasus positif di Indonesia mencapai 4.228.552. Sementara kasus kesembuhan bertambah 2.444 kasus. Sedangkan kasus kematian bertambah 65 kasus.

Jawa Tengah menjadi provinsi dengan kasus tertinggi, yakni dengan 97 kasus. Disusul Jawa Barat dengan total 69 kasus dan Jawa Timur dengan 47 kasus.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x