Kompas TV regional berita daerah

Sungai Diduga Tercemar Limbah Pabrik Gula Semboro

Kompas.tv - 12 Oktober 2021, 11:05 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Aliran anak sungai bondoyudo di Jember Jawa Timur mengeluarkan bau tak sedap dan dipenuhi busa berwarna kuning. Diduga air sungai tercemar pembuangan limbah pabrik gula semboro.

Aliran anak sungai bondoyudo yang melintas di Desa dan Kecamatan Semboro, Kabupaten Jember terlihat dipenuhi busa berwarna kuning dan diselimuti minyak. 

Baca Juga: Tercemar Limbah Pabrik, Sungai Cisadane Berubah Jadi Warna Merah

Sungai juga mengeluarkan bau tidak sedap yang menyengat, sehingga mengganggu aktivitas warga dan pengguna jalan yang melintas.

Warga awalnya menduga bau menyengat berasal dari sungai yang mengering karena terik sinar matahari. Namun setelah dicek secara teliti, air terlihat bercampur busa dan berbuih putih kekuningan. Bahkan air terlihat menghitam dengan campuran mirip minyak.

Humas pabrik gula semboro, Herman Fajar menduga limbah tersebut bukan berasal dari pabrik gula semboro, karena pihaknya telah mengolah limbah sebelum dibuang di aliran sungai.

Baca Juga: Pengelolaan Limbah Terbesar Di Luar Jawa Akan Beroperasi di Medan

Namun demikian pihak pabrik gula semboro tetap akan memeriksa air sungai untuk memastikan apakah benar-benar tercemar limbah dari pembuangan pabrik gula semboro.

#Sungai #Limbah #PabrikGula #Jember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x