Kompas TV regional peristiwa

23 Mantan Napi Terorisme Poso Ucap Ikrar Setia NKRI

Selasa, 12 Oktober 2021 | 17:25 WIB

POSO, KOMPAS.TV - 23 orang mantan napi kasus terorisme di Poso hari ini mengucapkan sumpah setia kepada NKRI. Ikrar ini dilakukan di hadapan Kapolda Sulawesi Tengah dan Satgas Madago Raya.

Ikrar setia NKRI yang digelar ditepi pantai Kelurahan Madale, Kecamatan Poso, Kota Utara, Sulawesi Tengah. Dengan adanya ikrar setia NKRI diharapkan simpatisan atau teroris Poso yang masih dalam pengejaran segera menyerahkan diri.

Kapolda Sulawesi Tengah, Irudy Sufahriadi menyatakan dengan ikrar setia NKRI ini para mantan napi kasus terorisme bisa kembali ke masyarakat dan memberi manfaat.

Kapolda Sulteng juga berharap seluruh masyarakat bisa menjaga toleransi dan menjaga nilai-nilai kebinekaan.

Sebanyak 23 orang mantan narapidana teroris di Poso Sulawesi Tengah secara serentak mengucapkan ikrar setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ikrar setia kepada NKRI dilakukan oleh puluhan eks napiter yang bertajuk merajuk persatuan dalam bingkai NKRI digagas langsung oleh Polda Sulteng dan Satuan Tugas Madago Raya.

Puluhan mantan narapidana teroris yang ada di Poso pada Senin (11/10/2021) secara serentak mengucapkan ikrar setia terhadap NKRI.

Pembacaan ikrar setia kepada NKRI tersebut dibawah kibaran Bendera Merah Putih dipimpin langsung oleh Supriadi alias Upik Pagar, salah seorang mantan napiter dengan kasus keterlibatan dalam pelatihan Gunung Biru saat Pimpinan Mujahidin Indonesia Timur, Santoso alias Abu Wardah masih hidup.

Baca Juga: Cegah Aksi Terorisme, Polri Tegaskan Densus 88 Tidak akan Bubar

Adapun isi dari ikrar setia NKRI yang dibacakan sebanyak 4 poin diantaranya Setia kepada NKRI, Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945, patuh dan taat terhadap peraturan dan perundangan yang berlaku, menolak terlibat dalam segala kegiatan atau faham yang bertentangan dengan Pancasila dan  Undang-undang Dasar 1945 serta bersama-sama dengan masyarakat dan pemerintah untuk membangun Poso.

Kapolda Sulawesi Tengah, Irjen Polisi, Rudy Sufahriadi mengatakan ikrar setia kepada NKRI oleh puluhan mantan napiter Poso tersebut merupakan aksi positif dan bentuk dukungan agar isyu terorisme di Sulawesi Tengah dan khususnya di Poso segera berakhir.

Dari data yang ada, ke 23 tiga orang mantan napiter Poso yang hadir dan mengucapkan ikrar setia kepada NKRI tersebut sudah menjalani masa hukuman dan telah banyak berkarya untuk Kabupaten Poso.

Dia berharap ikrar tersebut menjadi awal yang baik kepada para mantan napiter jika bisa melakukan komunikasi kepada sisa 4 orang DPO agar segera menyerahkan diri secara baik-baik dan kalau perlu tidak ada lagi peluru yang keluar dari aparat TNI-Polri.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Indonesia Berpotensi Besar Jadi Raksasa Digital Setelah Cina dan India

Penulis : Reny Mardika

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:31
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19