Kompas TV feature solusi sehat

5 Manfaat Berjalan Kaki Setiap Hari, Salah Satunya Bisa Kurangi Stres!

Kompas.tv - 11 Oktober 2021, 16:59 WIB
5-manfaat-berjalan-kaki-setiap-hari-salah-satunya-bisa-kurangi-stres
Beberapa orang memilih berjalan kaki sebagai olahraga dan tamasya harian mereka. Ada sejumlah manfaat yang mereka dapatkan dari kegiatan tersebut. (Sumber: pixabay.com/Daniel Reche)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Purwanto

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Beberapa orang memilih berjalan kaki sebagai olahraga dan tamasya harian mereka. Ada sejumlah manfaat yang mereka dapatkan dari kegiatan tersebut.

Berdasarkan informasi dari Cleveland Clinic, ahli kesehatan Michael Roizen, MD, memberikan lima alasan yang membenarkan manfaat yang mereka peroleh dari berjalan kaki.

Berikut lima manfaat dari berjalan kaki:

1. Mengurangi stres dan menghibur

Berjalan-jalan setelah mengalami stres akan membuat pikiran dan tubuh menjadi lebih tenang. Berjalan adalah cara yang positif untuk mengatasi stres.

Pandemi Covid-19 menjadi pemicu stres tambahan dalam kehidupan kita. Berjalan kaki dapat membantu kondisi ini.

Kata Roizen, berjalan kaki dapat meningkatkan detak jantung, menurunkan tingkat stres, dan mengurangi kemungkinan terkena penyakit lebih lanjut seperti stroke, sindrom patah hati, atau kardiomiopati.

Studi mengkonfirmasi bahwa berjalan kaki bermanfaat bagi suasana hati, dengan melepaskankan zat bahagia alami tubuh yakni endorfin.

Baca Juga: Lari vs Jalan Kaki

"Dan Anda akan bangga di akhir setiap perjalanan dengan menetapkan tujuan kecil untuk bergerak dan mencapainya, sambil meningkatkan harga diri Anda," katanya.

2. Menurunkan berat badan

Berjalan kaki juga menjadi salah satu latihan terbaik untuk menurunkan berat badan. Selain relatif mudah untuk dilakukan, dan tidak memberi tekanan berlebihan pada persendian, berjalan kaki juga gratis. Tetapi harus dilakukan setiap hari.

Untuk kebugaran tubuh, cobalah untuk memulai dengan berjalan kaki 20 menit setiap hari.

"Jika itu terlalu banyak, mulailah dari yang lebih kecil," kata Dr Roizen.

“Tetapi tetapkan target untuk meningkatkannya menjadi hingga 30 menit sehari, setiap hari.”

Setelah menguasai itu, luangkan waktu untuk meningkatkan ke tingkat yang lebih tinggi. Jangan pernah meningkatkan lebih dari 10 persen lebih dari satu hari dari maksimum minggu sebelumnya.

Saat Anda siap, tingkatkan target Anda menjadi 10.000 langkah sehari.

3. Menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kualitas tidur



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x