Kompas TV regional peristiwa

Pelaku Utama Kerusuhan Yahukimo Berhasil Ditangkap Polisi

Kompas.tv - 10 Oktober 2021, 20:35 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Kepolisian Polres Yahukimo menangkap satu pelaku utama bentrokan antar warga. Pelaku yang bernama Morume Keya Busup diduga sebagai orang yang memprovokasi warga.

Kurang lebih enam hari kabur dari kejaran polisi, pelaku utama penyebab bentrok di Yahukimo yang menewaskan enam orang dan melukai puluhan orang lainnya berhasil ditangkap pada Sabtu dini hari.

Morume Keya Busup ditangkap oleh tim gabungan Polres Yahukimo, Satgas Nemangkawi, serta Satgas Operasi Aman Nusa, di Jalan Gunung Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo.

Untuk mencegah bentrok terulang kembali, tokoh masyarakat dari kedua belah pihak sudah dipertemukan dan sepakat untuk tidak melakukan pembalasan maupun penyerangan susulan.

Sementara itu, sepekan pasca bentrok di Kabupaten Yahukimo ribuan warga masih bertahan di lokasi pengungsian. Mereka takut pulang karena masih trauma, sementara warga lainnya memilih bertahan, karena rumah mereka dibakar.

Dari tiga ribu lebih jiwa yang mengungsi terdapat sedikitnya 20% anak-anak yang bertahan di lokasi pengungsian.

Untuk menjaga kesehatan dan psikologis anak-anak maka Polres Yahukimo menurunkan tim kesehatan untuk melakukan trauma healing kepada anak-anak yang berada di lokasi pengungsian. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x