Kompas TV regional peristiwa

Kejar PPKM Level 1, Pemkot Surabaya Kirim Mobil Vaksin Keliling Bantu Gerbangkertosusila

Kompas.tv - 10 Oktober 2021, 19:46 WIB
kejar-ppkm-level-1-pemkot-surabaya-kirim-mobil-vaksin-keliling-bantu-gerbangkertosusila
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meluncurkan mobil vaksin keliling di Balai Kota Surabaya, Minggu (10/10/2021). (Sumber: ANTARA)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

SURABAYA, KOMPAS.TV - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus berupaya melakukan percepatan vaksinasi Covid-19 di wilayahnya. 

Salah satunya yakni dengan meluncurkan mobil vaksin keliling guna membantu percepatan vaksinasi Covid-19 di wilayah aglomerasi. 

Peluncuran mobil vaksin keliling itu digelar di halaman Balai Kota Surabaya, Minggu (10/10/2021). 

Adapun wilayah aglomerasi yang dimaksud yakni, di wilayah Gerbangkertosusila (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan).

"Insyaallah mobil vaksin keliling ini untuk membantu aglomerasi di wilayah Gerbangkertosusila," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi setelah peluncuran mobil vaksin keliling tersebut, Minggu (10/10/2021). 

Eri menyebut, langkah tersebut dilakukan sebagai upaya Surabaya untuk menurunkan level  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari level 2 menjadi level 1. 

Sebab, untuk menuju PPKM Level 2 dan Level 1, salah satu persyaratannya adalah vaksinasi, yakni vaksin dosis 1 dan dosis lanjut usia (lansia). 

Baca Juga: Indonesia Kembali Kedatangan 2 Juta Dosis Vaksin Pfizer, Langsung Didistribusikan ke 12 Provinsi

"Nah, apabila Kota Surabaya ingin turun level menjadi level 2 hingga level 1, harus segera membantu wilayah aglomerasi, yakni Gerbangkertosusila," ujarnya.

Di sisi lain, pelaksanaan vaksinasi di Kota Surabaya sudah mencapai 110 persen untuk vaksin dosis 1.

Sementara untuk vaksin dosis 2 di Surabaya sudah mencapai 80 persen, sedangkan vaksin lansia sudah mencapai 90 persen lebih. 

Eri kemudian berujar inilah fungsi dan dampak gotong royong antara Forkompinda Kota Surabaya dan Forkopimda Provinsi Jawa Timur.

Sebab itu, dia berharap nantinya gotong royong ini bisa membuat Kota Surabaya menjadi PPKM level 1.

"Karena vaksin, percepatan Surabaya sudah lebih tinggi, tetapi karena aglomerasinya Gerbangkertosusila. Bagi saya ini bukan seperti persaingan, tapi sebuah badan, yang satu sama lainnya harus saling menguatkan dan satu sama lainnya saling membantu," jelasnya. 

Sebagai informasi, turut hadir dalam peluncuran mobil vaksin keliling, yakni Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Anton Elfrino Trisanto.

Kemudian Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Surabaya Anton Delianto, dan Komandan Korem 084/Bhaskara Jaya Brigjen TNI Herman Hidayat Eko Atmojo.

Baca Juga: Capaian Vaksinasi Covid-19 di Surakarta Lebih dari 120 Persen, Ini Kata Gibran

 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x