Kompas TV bisnis kompas bisnis

Harta Karun Energi Bernama Panas Bumi

Kompas.tv - 8 Oktober 2021, 19:15 WIB
Penulis : Christandi Dimas

KOMPAS.TV - Indonesia punya harta karun besar bernama panas bumi. Potensinya nomor dua terbesar di dunia.

Tetapi, namanya juga harta karun, butuh usaha keras untuk mendapatkannya sampai bisa dimanfaatkan untuk lingkungan yang lebih bersih.

Indonesia memiliki potensi panas bumi yang sangat besar, yaitu 23.76 gigawatt atau urutan kedua terbesar setelah Amerika Serikat sebesar 30 gigawatt.

Tetapi untuk mendapatkan harta karun baru bernama panas bumi ini, industri butuh bantuan pemerintah, yaitu soal pembebasan lahan dan logistik.

Secara ekonomi, panas bumi yang bisa menjadi sumber listrik punya banyak kelebihan. Di antaranya terbarukan emisi karbon dioksida dan polusi rendah, efisien lahan, tidak tergantung cuaca, harga relatif rendah, dan pilihan teknologi bervariatif.

Transisi energi yang mulus dibutuhkan Indonesia saat beralih dari fosil ke energi terbarukan.

Agar panas bumi bisa lebih cepat dan maksimal dimanfaatkan, butuh kebijakan pemerintah yang mendukung industri, sekaligus tetap melindungi lingkungan.

Jangan lewatkan streaming Kompas TV live 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live agar kamu semua tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia. Subscribe juga channel YouTube Kompas TV dan aktifkan lonceng supaya kamu dapat notifikasi video terbaru langsung.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x