Kompas TV regional agama

Indonesia Tercatat sebagai Pangsa Pasar Halal Terbesar di Dunia

Kompas.tv - 8 Oktober 2021, 11:30 WIB
indonesia-tercatat-sebagai-pangsa-pasar-halal-terbesar-di-dunia
Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah BI Bambang Himawan dalam Konferensi Pers Kick Off Online Exhibition ISEF 2021 secara daring di Jakarta, Jumat (08/10/2021) (Sumber: ANTARA/Agatha Olivia)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bank Indonesia menyebut Indonesia saat ini ternyata tercatat sebagai pangsa pasar halal terbesar di dunia. Bank Indonesia juga mencatat pangsa pasar makanan halal Indonesia mencapai 13 persen dari pasar global pada triwulan II 2021, artinya sehingga merupakan yang terbesar di dunia.

Hal ini diutarakan oleh kata Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia (BI) Bambang Himawan dalam Konferensi Pers Kick Off Online Exhibition ISEF 2021 secara daring di Jakarta, Jumat (8/10/21).

"Ekspor makanan halal Indonesia juga mencapai 10,36 miliar dolar AS pada triwulan II tahun ini atau tumbuh sebesar 46 persen, ini pertumbuhan yang luar biasa," paparnya seperti dikutip Antara.

Ia pun menambahkan, sektor makanan halal ini jadi sektor yang paling diunggulkan dalam industri makanan halal di Indonesia. Di Dunia peringkatnya juga nomor empat dalam industri Syariah dunia.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin: Industri Halal Jadi Sektor Pemulih Ekonomi Usai Pandemi Covid-19

Hal ini mengacu pada laporan State of The Global Islamic Economy (SGIE) tahun 2020-2021 tentang peringkat Indonesia dalam pengembangan ekosistem ekonomi dan keuangan Syariah. Dalam laporan itu disebutkan,  secara umum naik industri dan ekonomi Syariah Indonesia naik, dari ke urutan lima di tahun sebelumnya naik satu strip ke urutan kelima tahun ini.

Sektor unggulan lain, menurut Bambang, selain industri makanan halal juga naik industruifesyen. Bahkan keduanya cenderung mendominasi.

Industri ini tumbuh 8,2 pesen dari triwulan kedua tahun ini. Industri yang naik ini disumbangkan dari makanan halal, busana dan fesyen muslim hingga soal pariwisata muslim.

"Pertumbuhan itu lebih tinggi dari pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) nasional yang sebesar 7,07 persen di triwulan II-2021," ujarnya.

Karena itu menurut Bambang, para pelaku industri halal di Indonesia juga harus mampu tampil di panggung global. Apalagi Indonesia memiliki populasi Muslim terbesar di dunia, maka harus mampu mengambil pasar produk halal ini dan menjadi pemimpin di sektor industri halal ini.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x