Kompas TV olahraga kompas sport

Lembar Baru Newcastle United Usai Diakuisisi Pangeran Arab Saudi, Bakal Lebih Kaya dari Man City?

Kompas.tv - 8 Oktober 2021, 11:07 WIB
lembar-baru-newcastle-united-usai-diakuisisi-pangeran-arab-saudi-bakal-lebih-kaya-dari-man-city
Newcastle United selangkah lagi menjadi milik putra mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman usai permasalahan terkait pembajakan rampung dan negosiasi kembali berlanjut. (Sumber: Newcastle United)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Tim Liga Inggris, Newcastle United telah resmi diakuisisi konsorsium milik Pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman.

Mohammed bin Salman membeli Newcastle United melalui perusahaan konsorsiumnya, Public Investment Fund (PIF).

PIF menggelontorkan dana sebesar 300 juta poundsterling atau setara dengan Rp5,8 triliun untuk menyelesaikan proses akuisisi tersebut.

Baca Juga: Inggris Resmi Hapus Indonesia dari Daftar Merah Perjalanan Internasional 11 Oktober

Pihak Liga Inggris pun telah resmi memberikan pernyataan melalui laman resmi mereka.

“Liga Inggris, Klub Sepakbola Newcastle United dan St James Holdings Limited hari ini telah menyelesaikan perselisihan tentang pengambilalihan klub oleh konsorsium PIF, PCP Capital Partners dan RB Sports & Media,” tulis pernyataan resmi Liga Inggris, Jumat (8/10/2021).

Seperti yang dikatakan oleh pihak Liga Inggris, pemiliki saham utama The Magpies dimiliki oleh tiga perusahaan, dan semuanya adalah perusahaan super kaya yang dipegang oleh pemimpin yang memiliki ambisi besar.

Komposisinya terdiri dari sebanyak 80% Saudi Arabia PIF (Mohammed bin Salman) 10%, PCP Capital Partners (Amanda Staveley) 10%, RB Sports (Jamie Reuben).

Media ESPN menuliskan, Mohammed bin Salman memiliki harta sebesar 320 miliar poundsterling atau sekitar Rp6.182,1 triliun.

Ini berarti 13 kali lebih kaya dari pemilik Manchester City, Sheikh Mansour, yang hanya memiliki kekayaan 23 miliar poundsterling atau sekitar Rp 469 triliun.

Kehadiran pemilik baru yang memiliki ambisi dan suntikan dana yang besar membuat Newcastle United akan menjadi salah satu klub terbesar di Liga Inggris kedepannya.



Sumber : Football London/ESPN


BERITA LAINNYA



Close Ads x