Kompas TV nasional politik

Survei SMRC: Prabowo Menurun, Ganjar dan Anies Menguat

Kompas.tv - 7 Oktober 2021, 16:44 WIB
survei-smrc-prabowo-menurun-ganjar-dan-anies-menguat
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOM, Dokumentasi @DKIJakarta/INSTAGRAM, Pemprov Jateng)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan adanya tren penurunan elektabilitas terhadap Ketua Umum Prabowo Subianto. 

Sementara, untuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menunjukkan adanya tren peningkatan dari publik. 

Direktur Riset SMRC Deni Irvani menjelaskan, dari Maret 2020 ke September 2021, dukungan kepada Ganjar Pranowo dalam simulasi semi terbuka naik dari 6,9 persen menjadi 15,8 persen. 

Baca Juga: Hasil Survei SMRC: Elektabilitas PDIP dan Gerindra Merosot

Kemudian, dukungan untuk Anies Baswedan sedikit naik dari 10,1 persen menjadi 11,1 persen. Sementara dukungan kepada Prabowo Subianto cenderung melemah dari 19,5 persen menjadi 18,1 persen.

"Sementara itu dalam simulasi pilihan tertutup terhadap 15 nama, Prabowo mendapat dukungan 20,7 persen, disusul Ganjar Pranowo 19 persen dan Anies Baswedan 14,3 persen," kata Deni dalam siaran daring, Kamis (7/10/2021).

Sebagai informasi, survei ini dilakukan pada 15 - 21 September 2021 melalui tatap muka atau wawancara langsung. 

Baca Juga: Survei SMRC: 77 Persen Warga Indonesia Setuju Negara Tidak Dijalankan Satu Agama Saja

Terdapat 981 responden yang valid terpilih secara acak atai metode multistage random sampling dari seluruh populasi Indonesia yang berumur minimal 17 tahun atau sudah menikah. 

Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,19% pada tingkat kepercayaan 95 persen.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x