Kompas TV regional berita daerah

Harga Telur Terjun Bebas

Kompas.tv - 7 Oktober 2021, 15:20 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

GIANYAR, KOMPAS TV - Tingginya harga pakan ayam membuat para petani telur menutup usaha mereka. Beberapa di antara mereka  bahkan menjual semua indukan ayam yang masih produktif menghasilkan telur.

Minimnya permintaan telur di pasaran, membuat petani telur ayam merugi. Di tambah semakin tingginya harga pakan ayam membuat kebanyakan dari mereka menutup usahanya.

Di tengah pandemi Covid 19,  yang membuat sektor pariwisata di bali lumpuh menambah derita para petani ini. Tidak adanya pemesanan telur ayam dari hotel hingga rumah makan berdampak pada pemasaran telur ayam.

Salah seorang petani di kabupaten Gianyar Bali menuturkan kenaikan harga pakan terjadi tidak hanya sekali ini saja. Bahkan tiap bulan terus mengalami kenaikan di sisi lain, harga telur ayam bahkan terus merosot.

Sebelumnya harga per tiga puluh butir di tingkat petani telur mencapai 42 ribu rupiah, kini hanya mencapai harga 29 ribu rupiah. Untuk itu pihaknya memilih mengosongkan kadang ayam mereka untuk menanggulangi kerugian lebih tinggi.

Mereka berharap adanya bantuan dari pemerintah, untuk bisa menstabilkan harga pakan ayam dan mereka juga mengharapkan keadaan kembali normal. Hingga bisa kembali bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari hari mereka.

 

 

 

#Petani #PemerintahGianyar #Covid19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x