Kompas TV internasional kompas dunia

Waduh 14 Persen Terumbu Karang Dunia Musnah Satu Dekade Terakhir Akibat Pemanasan Global

Kompas.tv - 5 Oktober 2021, 13:07 WIB
waduh-14-persen-terumbu-karang-dunia-musnah-satu-dekade-terakhir-akibat-pemanasan-global
14 persen terumbu karang dunia musnah sejak 2009 hingga 2018 akibat penangkapan ikan ilegal, destruktif dan tidak teregulasi, diperparah dengan polusi dan polutan, dengan sebagian besar musnah akibat pemanasan global, seperti laporan Global Reef Monitoring Network 05 Oktober 2021 (Sumber: Bloomberg)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

PARIS, KOMPAS.TV - Sekitar 14 persen terumbu karang dunia musnah sejak 2009 hingga 2018 akibat penangkapan ikan ilegal, destruktif dan tidak teregulasi yang diperparah oleh polusi dan polutan, serta sebagian besar musnah akibat pemanasan global. Hal itu meninggalkan kuburan terumbu karang yang memutih, tempat ekosistem yang pernah hidup berkembang, menurut survei kesehatan karang terbesar yang pernah ada seperti dilansir France24, Selasa, (05/10/2021).

Laporan yang dibuat lebih dari 300 ilmuwan di Global Coral Reef Monitoring Network menyebutkan terumbu karang di Asia Selatan dan Pasifik, di sekitar Semenanjung Arab, dan di lepas pantai Australia paling terpukul. 

"Perubahan iklim adalah ancaman terbesar bagi terumbu karang dunia," kata Paul Hardisty, kepala eksekutif Institut Ilmu Kelautan Australia, dalam sebuah pernyataan.

Lautan menyerap lebih dari 90 persen kelebihan panas dari emisi gas rumah kaca, melindungi permukaan tanah tetapi menghasilkan gelombang panas laut yang besar dan tahan lama. Gelombang panas laut itu membuat batas toleransi banyak spesies terumbu karang terlewati sehingga mengakibatkan kematian.

Satu peristiwa yang disebut pemutihan karang terjadi pada tahun 1998. Peristiwa itu disebabkan oleh kenaikan suhu air laut yang memusnahkan delapan persen dari seluruh terumbu karang.

Terumbu karang hanya menutupi sebagian kecil, sekitar 0,2 persen, dari dasar laut, tetapi mereka adalah rumah bagi setidaknya seperempat seluruh satwa dan tumbuhan laut.

Selain menopang ekosistem laut, terumbu karang menyediakan protein makanan, pekerjaan, dan perlindungan dari badai dan erosi garis pantai bagi ratusan juta orang di seluruh dunia.

Nilai barang dan jasa dari terumbu karang sekitar 2,7 triliun dollar AS per tahun, termasuk 36 miliar dollar AS di bidang pariwisata, kata laporan itu.

Hilangnya karang dari 2009 hingga 2018 bervariasi menurut wilayah, mulai dari 5 persen di Asia Timur hingga 95 persen di Pasifik tropis timur.

Baca Juga: Konservasi Terumbu Karang ala PLN: Manfaatkan Listrik Arus Lemah untuk Proses Transplantasi

Peta sebaran terumbu karang di segitiga karang dunia atau coral triangle, terpadat di dunia berada di Indonesia. 14 persen terumbu karang dunia musnah antara 2009 dan 2018 akibat penangkapan ikan ilegal, destruktif dan tidak teregulasi, diperparah dengan polusi dan polutan, dengan sebagian besar musnah akibat pemanasan global, seperti laporan Global Reef Monitoring Network 05 Oktober 202 (Sumber: Coral Triangle Center)


Sumber : Kompas TV/France24


BERITA LAINNYA



Close Ads x