Kompas TV internasional kompas dunia

Mark Zuckerberg Kehilangan Rp85,6 T karena WhatsApp, Instagram, Facebook Down 6 Jam

Selasa, 5 Oktober 2021 | 12:07 WIB
mark-zuckerberg-kehilangan-rp85-6-t-karena-whatsapp-instagram-facebook-down-6-jam
Mark Zuckerberg meminta maaf karena layanan Facebook, Whatsapp, dan Instagram down selama 6 jam pada Senin (4/10/2021). (Sumber: Facebook Mark Zuckerberg)

NEW YORK, KOMPAS.TV- Pemilik Facebook, Instagram, dan Whatsapp Mark Zuckerberg kehilangan harta sebesar 6 miliar dollar AS atau sekitar Rp85,6 triliun (asumsi kurs Rp14.300) dalam hitungan jam. Penyebabnya, harga saham Facebook anjlok imbas layanan 3 aplikasi tersebut yang down sejak Senin (4/10/2021) malam.

Mengutip Bloomberg, Selasa (5/10/2021), saham Facebook turun 5 persen pada perdagangan Senin waktu setempat dibanding pada penutupan perdagangan Jumat pekan lalu. Harga saham Facebook bahkan turun 15 persen dibanding pertengahan September.

Alhasil, kekayaan Zuckerberg yang mayoritas berasal dari saham Facebook juga ambles miliaran dollar. Bloomberg menaksir harga Zuckerberg saat ini menjadi 121,6 miliar dollar AS.

Hal itu membuat Zuckerberg merosot ke posisi 5 dalam Bloomberg Billionaires Index, yang merupakan peringkat 500 orang terkaya di dunia. Persis di atasnya, ada pendiri Microsoft Bill Gates di peringkat 4 dengan kekayaan bersih 124 miliar dollar AS.

Baca Juga: Layanan WhatsApp, Instagram, dan Facebook Sudah Mulai Pulih Setelah 6 Jam Down

Layanan Facebook, Instagram, dan Whatsapp down sejak Senin pukul 23.00 WIB. Namun saat ini, layanan ketiganya telah kembali normal. Zuckerberg juga sudah menyampaikan permohonan maafnya kepada publik lewat akun Facebooknya.

"Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Messenger kini kembali online. Maaf atas gangguan hari ini -- Saya tahu betapa Anda mengandalkan layanan kami untuk tetap terhubung dengan orang-orang yang Anda sayangi," tulis Zuckerberg.

Facebook, Instagram, dan Whatsapp down selama 6 jam. Para penggunanya pun beralih ke akun sosmed mereka yang lain, seperti Twitter. Mereka juga mengeluhkan layanan 3 platform tersebut yang tidak bisa diakses.

Pihak Facebook kini tengah menyelidiki penyebab kejadian tersebut.

Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

Sumber :


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:58
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19