Kompas TV internasional kompas dunia

Mark Zuckerberg Kehilangan Rp85,6 T karena WhatsApp, Instagram, Facebook Down 6 Jam

Kompas.tv - 5 Oktober 2021, 12:07 WIB
mark-zuckerberg-kehilangan-rp85-6-t-karena-whatsapp-instagram-facebook-down-6-jam
Mark Zuckerberg meminta maaf karena layanan Facebook, Whatsapp, dan Instagram down selama 6 jam pada Senin (4/10/2021). (Sumber: Facebook Mark Zuckerberg)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

NEW YORK, KOMPAS.TV- Pemilik Facebook, Instagram, dan Whatsapp Mark Zuckerberg kehilangan harta sebesar 6 miliar dollar AS atau sekitar Rp85,6 triliun (asumsi kurs Rp14.300) dalam hitungan jam. Penyebabnya, harga saham Facebook anjlok imbas layanan 3 aplikasi tersebut yang down sejak Senin (4/10/2021) malam.

Mengutip Bloomberg, Selasa (5/10/2021), saham Facebook turun 5 persen pada perdagangan Senin waktu setempat dibanding pada penutupan perdagangan Jumat pekan lalu. Harga saham Facebook bahkan turun 15 persen dibanding pertengahan September.

Alhasil, kekayaan Zuckerberg yang mayoritas berasal dari saham Facebook juga ambles miliaran dollar. Bloomberg menaksir harga Zuckerberg saat ini menjadi 121,6 miliar dollar AS.

Hal itu membuat Zuckerberg merosot ke posisi 5 dalam Bloomberg Billionaires Index, yang merupakan peringkat 500 orang terkaya di dunia. Persis di atasnya, ada pendiri Microsoft Bill Gates di peringkat 4 dengan kekayaan bersih 124 miliar dollar AS.

Baca Juga: Layanan WhatsApp, Instagram, dan Facebook Sudah Mulai Pulih Setelah 6 Jam Down

Layanan Facebook, Instagram, dan Whatsapp down sejak Senin pukul 23.00 WIB. Namun saat ini, layanan ketiganya telah kembali normal. Zuckerberg juga sudah menyampaikan permohonan maafnya kepada publik lewat akun Facebooknya.

"Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Messenger kini kembali online. Maaf atas gangguan hari ini -- Saya tahu betapa Anda mengandalkan layanan kami untuk tetap terhubung dengan orang-orang yang Anda sayangi," tulis Zuckerberg.

Facebook, Instagram, dan Whatsapp down selama 6 jam. Para penggunanya pun beralih ke akun sosmed mereka yang lain, seperti Twitter. Mereka juga mengeluhkan layanan 3 platform tersebut yang tidak bisa diakses.

Pihak Facebook kini tengah menyelidiki penyebab kejadian tersebut.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x