Kompas TV nasional peristiwa

Kasal Pimpin Ziarah di Lima Taman Makam Pahlawan Jelang HUT TNI ke-76

Kompas.tv - 5 Oktober 2021, 11:49 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono didampingi Ketua Umum Jalasenastri Vero Yudo Margono memimpin ziarah secara serentak prajurit TNI AL di lima Taman Makam Pahlawan (TMP) menjelang Hari Ulang Tahun TNI yang ke-76 pada Minggu (3/10).

Kasal sendiri memimpin ziarah di Taman Makam Pejuang Bumi Wana Samudera Kalibakung Kelima tempat TMP lain yang diziarahi yakni TMP Samudra Kuningan yang dipimpin Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah, TMP Penggarit Pemalang dipimpin Aspers Kasal Laksamana Muda TNI Irwan Achmadi.

TMP Prawira Reksa Negara Pekalongan dipimpin Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto Serta TMP Kadilangu Batang dipimpin Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han).

Baca Juga: Kasal Yudo Margono Jamin TNI AL Tak Disusupi Paham Komunis, Sindir Gatot Nurmantyo?

Khusus ziarah di Taman Makam Bumi Wana Samudera Kalibakung yang dipimpin Kasal ini merupakan makam para pejuang TNI AL (ALRI waktu itu) dan Ulama.

Makna dan pesan yang diambil dari kegitan ziarah ini, meskipun para pejuang ini telah mati dan jasadnya telah menyatu dengan bumi pertiwi, mereka gugur sebagai pejuang demi mempertahankan eksistensi bangsa dan negara. Jasad para pejuang disemayamkan ini agar para generasi penerus bisa meneladani perjuangan dan pengorbanan para pahlawan guna mewujudkan Indonesia yang jaya.

"Sebagai generasi penerus supaya kita selalu mengenang jasa-jasa pejuang, dan harus meneruskan perjuangan mereka, dalam bergiat mengisi kemerdekaan dimasa yang akan datang." tutur Kasal.

Kasal menyampaikan bahwa para pejuang Angkatan Laut dulu berjuang bersama-sama para ulama untuk membela negara dan ada beberapa yang gugur diantaranya para ulama yakni K.H. Muhammad Syafei Bin Mukti dan H. Yahya bin Sejan yang di Kalibakung ini.

Sementara itu, Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya sebelum memimpin doa bersama menyampaikan bahwa, di dalam setiap taman pahlawan itu betapa pluralis dan kita mengenal siapa pahlawan kita dari segala sudut agama kumpul di TMP.

Video Editor: Laurensius Galih



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x