Kompas TV nasional update corona

Vaksinasi Covid-19 di Indonesia Tembus 2 Juta Dosis Sehari

Kompas.tv - 5 Oktober 2021, 11:50 WIB
vaksinasi-covid-19-di-indonesia-tembus-2-juta-dosis-sehari
Indonesia kembali kedatangan vaksin bantuan dari pemerintah Amerika Serikat melalui COVAX Facility berupa vaksin Pfizer. Vaksin tahap ke-84 yang tiba hari ini berjumlah 800.280 dosis vaksin jadi.. (Sumber: Covid19.go.id)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia berhasil mencapai 2 juta dosis vaksinasi Covid-19 dalam sehari. Data yang dihimpun Satgas Covid-19 pada tanggal 29 September 2021 sebanyak 2.049.125 dosis vaksin telah disuntikkan.

Secara rinci, sebanyak 1.291.850 dosis vaksin ke-1 dan 757.275 dosis vaksin ke-2. Dengan demikian sampai tanggal tersebut jumlah penduduk yang sudah disuntik dosis pertama sebanyak 89.822.987 orang dan 50.412.993 orang untuk vaksin ke-2.

Ini berarti vaksinasi dosis pertama sudah menjangkau 43,13% dan 24,21% untuk dosis ke-2 dari target vaksinasi 208.265.720 orang.

Sementara untuk dosis ke-3 atau vaksinasi booster bagi tenaga kesehatan sebayak 7.283 dosis per hari ini dengan jumlah tenaga kesehatan 924.828 orang.

Baca Juga: Menarik Minat Baca, Hadir Perpustakaan di Lokasi Vaksinasi Covid-19

Capaian tersebut menempatkan Indonesia pada urutan enam negara yang paling banyak menyuntikkan vaksin. Di atasnya ada Jepang, Brazil, Amerika Serikat, India dan paling puncak adalah China dengan 2,21 miliar suntikan vaksin. Data tersebut berdasarkan publikasi Our World in Data per tanggal 3 Oktober 2021.

Melalui keterangan tertulisnya, Kementerian Keseahatan (Kemenkes) mengungapkan capaian vaksinasi itu berkat usaha optimal dan gotong royong dengan semua pihak terutama TNI/Polri, pemerintah daerah, BUMN dan pihak swasta yang turut membantu.

Kemenkes menyebut akan terus berupaya meningkatkan percepatan vaksinasi. 

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat drg. Widyawati mengatakan, selain membuka vaksinasi massal dengan bekerja sama dengan berbagai elemen masyarakat, Kemenkes juga telah mengeluarkan Surat Edaran yang menginstruksikan seluruh pos pelayanan vaksinasi, Unit Pelaksana Teknis di bawah Kemenkes, seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), RS Vertikal, Poltekkes, di seluruh Indonesia untuk melakukan vaksinasi kepada semua target sasaran tanpa memandang domisili atau tempat tinggal pada KTP.

"Salah satu strategi pemerintah adalah mengupayakan ketersediaan vaksin dan mempercepat program vaksinasi sehingga semakin banyak masyarakat terlindungi," katanya melalui keteranga tertulis yang diterima Kompas TV, Selasa (5/10/2021).

Pemerintah juga terus mengupayakan ketersediaan vaksin baik lewat skema multilateral maupun bilateral demi mencukupi stok yang ada saat ini dan menjaga laju vaksinasi sesuai dengan stok vaksin yang ada.

Seluruh masyarakat Indonesia diminta untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, karena dengan vaksinasi dan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat akan semakin banyak dan semakin cepat masyarakat terlindungi dari Covid-19.

Baca Juga: Kunjungan Presiden Jokowi Di Sorong Tinjau Vaksinasi




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x