Kompas TV bisnis ukm

Menko Airlangga: Mindset Anak Muda Jangan Hanya Jadi ASN, tetapi...

Kompas.tv - 5 Oktober 2021, 11:01 WIB
menko-airlangga-mindset-anak-muda-jangan-hanya-jadi-asn-tetapi
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (syal kuning) saat meninjau penyaluran KUR di Ambon, Maluku (4/10/2021). (Sumber: Kemenko Perekonomian)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, anak muda jangan hanya bercita-cita menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Airlangga meminta generasi muda untuk berani mencoba menjadi pengusaha.

"Mindset anak muda jangan hanya menjadi ASN (aparatur sipil negara) tetapi bagaimana mengembangkan diri menjadi seorang wiraswasta," katanya saat melalukan pertemuan dengan tokoh agama, masyarakat dan pemuda di Ambon, Senin (4/10/2021).

Menurut Airlangga, pemerintah siap mendukung generasi muda untuk memulai usaha lewat sejumlah program. Di antaranya program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau bantuan langsung tunai (BLT) bagi para pelaku UMKM, serta program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif sebesar Rp1,2 juta.

Pemerintah juga telah meluncurkan bantuan tunai untuk pedagang kaki lima dan warung dalam bentuk tunai senilai Rp1,2 juta yang didistribusikan melalui TNI dan Polri.

Kemudian, ada juga Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi masyarakat yang belum tersentuh layanan perbankan.

Baca Juga: Bunga KUR 3 Persen, Airlangga Yakin Rentenir Tidak Akan Bisa Saingi

Dana untuk penyaluran KUR tersebut mencapai Rp285 triliun pada 2021 dengan maksimal pinjaman Rp100 juta dan bunga sebesar 3 persen per tahun tanpa agunan.

“Harapan Pemerintah, KUR dapat membantu UMKM dan menopang percepatan pemulihan ekonomi nasional, termasuk membantu pengusaha UMKM di Kota Ambon ini untuk dapat bertahan di tengah pandemi," tutur Airlangga.

Dari data Kemenko Perekonomian, realisasi KUR pada masa pandemi di 2020 tercatat sebesar Rp198,53 triliun atau lebih tinggi dibandingkan pada masa pra Covid 2019 yang sebesar Rp140,1 triliun.

Pada masa pandemi Covid-19 2 tahun terakhir ini, pemerintah telah membuat berbagai program kebijakan KUR dan pembiayaan bagi UMKM. Di antaranya pada tahun 2021 memberikan tambahan subsidi bunga sebesar 3 persen, sehingga suku bunga menjadi hanya 3 persen sampai akhir 2021.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x