Kompas TV nasional sosial

Luhut: Perubahan Level PPKM Dipengaruhi Vaksinasi Covid-19

Kompas.tv - 5 Oktober 2021, 09:58 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Pemerintah memperpanjang PPKM berlevel selama dua pekan hingga 18 Oktober. Perpanjangan PPKM untuk 2 pekan ke depan dilakukan dengan sejumlah penyesuaian.

Koordinator PPKM, Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, sejumlah penyesuaian di masa perpanjangan PPKM 2 pekan ke depan di antaranya untuk tempat-tempat berolahraga, gerai makanan dan minuman, hingga kedatangan di bandara internasional. Menko Luhut juga menyampaikan ada perbaikan penanganan pandemi dalam dua pekan terakhir.

Sementara itu, Koordinator PPKM luar Jawa-Bali, Airlangga Hartarto menyatakan untuk wilayah luar Jawa dan Bali sudah tidak ada lagi provinsi yang masuk PPKM level 4. Di sisi lain, ada satu provinsi yang turun ke level satu, yaitu provinsi Riau.

Baca Juga: Jakarta Perpanjang PPKM Level 3, Pusat Kebugaran Mulai Dibuka

Sementara, Kota Blitar akan menjadi lokasi uji coba PPKM level satu atau "new normal". Dengan demikian, aktivitas masyarakat di sana akan mendekati kehidupan normal. 

PPKM New Normal dijalankan karena Blitar sudah memenuhi syarat indikator dari WHO dan cakupan vaksinasi dosis pertama sebesar 70%. Pemerintah membentuk satuan tugas yang terdiri dari para ahli untuk ditempatkan di Blitar. Jika berhasil, PPKM New Normal ini akan dikembangkan ke kota-kota lain. Namun, akan ada pengawasan ketat dalam pelaksanaan PPKM level 1.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x