Kompas TV nasional peristiwa

Ternyata Indonesia Rayakan Hari Guru Dua Kali, Ini Beda Hari Guru Sedunia dan Hari Guru Nasional

Kompas.tv - 5 Oktober 2021, 09:24 WIB
ternyata-indonesia-rayakan-hari-guru-dua-kali-ini-beda-hari-guru-sedunia-dan-hari-guru-nasional
Ilustrasi. Sejumlah guru berswafoto usai mengikuti upacara dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional yang di pimpin oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di Lapangan Gasibu, Bandung, Jawa Barat, Senin (24/11/2019). (Sumber: Kompas.tv/Ant/Raisan Al Farisi)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Hari ini, Selasa (5/10/2021) merupakan peringatan Hari Guru Sedunia.

Untuk diketahui, Indonesia memeringati Hari Guru sebanyak dua kali dalam setahun, yakni Hari Guru Sedunia dan Hari Guru Nasional.

Perbedaan yang paling mendasar adalah tanggal peringatan. Hari Guru Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Oktober seperti pada hari ini, sedangkan Hari Guru Nasional pada 25 November.

Melansir laman UNESCO, Selasa (5/10/2021), Hari Guru Sedunia dilakukan untuk merayakan semua guru di seluruh penjuru dunia.

Baca Juga: Peringati Hari Guru, Jokowi Pastikan Gaji Guru P3K Dinaikkan Setara PNS

Selain itu, tanggal ini juga memperingati ulang tahun adopsi rekomendasi Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) UNESCO 1996 tentang Status Guru, yang menetapkan tolok ukur mengenai hak dan tanggung jawab guru, standar untuk persiapan awal dan pendidikan lebih lanjut, rekrutmen, pekerjaan, dan kondisi belajar-mengajar.

Hari Guru Sedunia ini digelar bersama-sama dengan ILO, UNICEF, dan Education International (EI), sejak tahun 1994.

“Pada Hari Guru Sedunia, kami tidak hanya merayakan setiap guru. Kami menyerukan kepada negara-negara untuk berinvestasi di dalamnya dan memprioritaskan mereka dalam upaya pemulihan pendidikan global sehingga setiap peserta didik memiliki akses ke guru yang berkualitas dan didukung,” demikian pernyataan ILO, UNESCO, dan EI di laman resminya.

Lantas pada Hari Guru Sedunia 2021 tahun ini akan diperingati dengan mengusung tema ‘Guru di Jantung Pemulihan Pendidikan’.

Tema ini akan berfokus pada dukungan yang dibutuhkan para guru dalam proses pemulihan kondisi pandemi Covid-19.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x