Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Tips Negosiasi Gaji untuk Fresh Graduate

Kompas.tv - 4 Oktober 2021, 13:58 WIB
tips-negosiasi-gaji-untuk-fresh-graduate
Ilustrasi melamar pekerjaan di BUMN. (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Cukup banyak pos lowongan pekerjaan yang ditawarkan kepada para lulusan baru atau fresh graduate. Meskipun demikian, status kurang pengalaman fresh graduate membuat persaingan di pasar kerja tidak mudah.

Apabila diterima sebagai fresh graduate dari sekian pelamar yang lebih berpengalaman, tentu itu menjadi berkah tersendiri. Namun, penerimaan tersebut bisa memantik kebingungan lain terkait masalah gaji.

Tidak sedikit lulusan baru yang bingung tentang gaji yang mereka harapkan. Fresh graduate tak jarang diliputi dilema untuk menerima saja tawaran perusahaan atau melakukan negosiasi.

Baca Juga: Simak! Ini Tips Atur Keuangan Buat Karyawan Fresh Graduate

Meskipun demikian, lulusan baru disarankan untuk berani menegosiasi jika gaji yang ditawarkan jauh lebih rendah dari rata-rata gaji di pos tersebut.

Untuk mengetahuinya, tentu Anda mesti meriset rata-rata besaran gaji sesuai jabatan serta tanggung jawab pekerjaan.

Selain itu, Anda juga mestinya memperhitungkan pengalaman, keterampilan, serta tingkat pendidikan Anda.

Berikut tips menegosiasi gaji bagi lulusan baru atau fresh graduate sebagaimana disarikan The Balance Careers via Kompas.com.

1. Riset. 

Argumentasi Anda dalam negosiasi akan lebih kuat jika didasarkan bukti atau fakta. Anda pun perlu melakukan riset terkait rata-rata pendapatan di posisi dan bidang yang akan Anda geluti.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x