Kompas TV regional wisata

Jalur Pendakian Gunung Merbabu Via Thekelan Kembali Dibuka 5 Oktober, Maksimal 98 Orang

Kompas.tv - 3 Oktober 2021, 21:14 WIB
jalur-pendakian-gunung-merbabu-via-thekelan-kembali-dibuka-5-oktober-maksimal-98-orang
Gunung Merbabu dilihat dari GUnung Telomoyo, Kabupaten Semarang. (Sumber: Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Fadhilah

SEMARANG, KOMPAS.TV – Pengelola Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGM) menjadwalkan untuk kembali membuka jalur pendakian Gunung Merbabu melalui Thekelan, Kabupaten Semarang, mulai Selasa (5/10/2021).

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha (KSBTU) Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGM) Johan Setiawan, Minggu (3/10/2021).

"Iya benar (sudah dibuka)” kata dia, seperti dikutip dari Kompas.com.

Meski akan kembali dibuka pada 5 Oktober mendatang, pihak TNGM membatasi jumlah kunjungan pendaki sesuai dengan arahan Bupati Semarang.

Jumlah pendaki yang diperbolehkan mengunjungi Gunung Merbabu hanya 98 orang per hari.

“Iya (dibatasi), 98 orang per hari,” jelasnya.

Baca Juga: Meteor Jatuh, LAPAN: Diduga Terjatuh di Puncak Merbabu

Pendaki yang berencana untuk mendaki Gunung Merbabu dapat melakukan reservasi secara daring, melalui laman https://bookingmendakimerbabu.com/booking/index.php/.

Pembukaan kembali jalur pendakian ini berdasarkan Surat Pengumuman Balai TNGM Nomor PG.14/35/TU/TEK/9/2021 tentang Pembukaan Wisata Taman Nasional Gunung Merbabu Wilayah Kabupaten Semarang.

Dalam surat pengumuman tersebut, pembukaan mengacu pada Instruksi Bupati Semarang Nomor 28 Tahun 2021 tentang PPKM Level 2 Covid-19 di Kabupaten Semarang.

Pembukaan kembali pendakian Merbabu via Thekelan juga mengacu pada Surat Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang Nomor 556.1/0934 tentang Reaktivasi Jalur Pendakian Gunung Merbabu Wilayah Kabupaten Semarang.

Pembukaan kembali jalur pendakian juga diumumkan melalui kiriman akun Instagram resmi TNGM yaitu @btn_gn_merbabu pada Kamis (30/9/2021).

Sebelumnya, pada 29 Juni 2021, pihak TNGM menutup seluruh aktivitas pendakian.

Baca Juga: Kebakaran di Lereng Gunung Merbabu

Saat itu, seluruh jalur pendakian menuju Gunung Merbabu, baik yang ada di Kabupaten Boyolali, Kabupaten Semarang, dan Kabupaten Magelang merupakan zona merah Covid-19.

Kala itu, satu-satunya jalur pendakian yang dibuka hanya melalui Suwanting. Namun,  akhirnya jalur itu pun ditutup karena berada di Kabupaten Magelang.

Penutupan ini berdasarkan Surat Edaran (SE) Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Nomor 556/447/19/2021.

Gunung Merbabu memiliki lima jalur pendakian resmi, yakni Thekelan dan Cunthel di Kabupaten Semarang, Selo di Kabupaten Boyolali, serta Suwanting dan Wekas di Kabupaten Magelang.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x