Kompas TV olahraga kompas sport

Dibuka Presiden Jokowi Malam Nanti, Ini 7 Venue PON Papua nan Canggih dan Dibangun Senilai Rp1,5 T

Kompas.tv - 2 Oktober 2021, 13:23 WIB
dibuka-presiden-jokowi-malam-nanti-ini-7-venue-pon-papua-nan-canggih-dan-dibangun-senilai-rp1-5-t
Presiden RI Joko Widodo saat menandatangani tujuh prasasti pembangunan infrastruktur olahraga yang dilakukan secara simbolis di Istora Papua Bangkit, Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021). (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Gading Persada

PAPUA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua pada Sabtu petang (2/10/2021) atau malam nanti WIT. Sejumlah venue olahraga dipersiapkan pada ajang empat tahunan tersebut.

Tak tanggung-tanggung, pemerintah menggelontorkan dana hingga Rp1,5 triliun untuk membangun venue olahraga di Bumi Cenderawasih.

"Investasi pemerintah dari APBN untuk pembangunan tujuh venue total Rp1,5 triliun, terdiri Rp1 triliun untuk fisik venue, Rp200 miliar penataan kawasan serta Rp300 miliar untuk rumah susun," kata Direktur Prasarana Strategis Direktorat Cipta Karya Kementerian PUPR Iwan Suprijanto di Jayapura, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (2/10/2021).

Kata Iwan pembangunan venue-venue tersebut mengacu pada standar kebutuhan olahraga yang dibuktikan oleh sertifikasi internasional dari masing-masing organisasi cabang olahraga. Serta mengacu pada persyaratan teknis pembangunan gedung.

Iwan memisalkan Istora Papua Bangkit yang menggunakan konstruksi berteknologi tinggi pengendali udara tekstil ducting. Sehingga, pertandingan yang sensitif terhadap angin tidak akan terganggu.

Baca Juga: Jelang Pembukaan PON XX Papua, 1.500 Personel Gabungan Diterjunkan untuk Pengamanan

Selain itu, lanjut Iwan, proses pembangunan venue juga memanfaatkan aspek alam Papua yang eksotis seperti yang ada di venue dayung dan akuatik.

"Karena ini dibangun di Papua kita berharap alam Papua yang eksotis jadi salah satu hal yang kita manfaatkan. Penonton di venue dayung bisa asik menonton lomba di Teluk Youtefa," katanya.

Pada venue akuatik, kata Iwan, penonton di tribun juga disajikan pemandangan pegunungan Cycloop yang indah.

"Pemeliharaan juga sudah kami pertimbangan dengan menerapkan bangunan ramah lingkungan sehingga beban pengelolaan gedung tidak membebani keuangan daerah," katanya.

Foto udara Stadion Lukas Enembe jelang pembukaan PON Papua di Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua. (Sumber: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Menurut Iwan, pembangunan tujuh venue yeng menelan dana senilai Rp1,5 triliun lebih efisien dari pengajuan Pemerintah Provinsi Papua, yakni Rp1,7 triliun untuk empat venue.

"Kami sesuaikan budget-nya, bukan jadi murah sehingga tidak memenuhi syarat, Dengan efisiensi biaya, kami tetap penuhi standar," pungkasnya.

Baca Juga: Jadi Tempat Digelarnya Upacara Pembukaan PON XX Papua, Apa Saja Fasilitas di Stadion Lukas Enembe?

Berikut ini tujuh venue olahraga untuk PON XX Papua tersebut:
- Istora Papua Bangkit, lokasi di Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura
- Venue Akuatik, lokasi di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura
- Venue Panahan, lokasi di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura
- Venue Kriket, lokasi di Doyo Baru, Kabupaten Jayapura
- Venue Hoki, lokasi di Doyo Baru, Kabupaten Jayapura
- Venue Sepada roda, lokasi di Bumi Perkemahan Waena, Kota Jayapura
- Venue Dayung, lokasi di Teluk Youtefa, Kota Jayapura




Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x