Kompas TV olahraga kompas sport

Jelang Timnas Indonesia Vs Taiwan, Shin Tae-yong Mulai Pimpin Latihan Skuad Garuda

Kompas.tv - 1 Oktober 2021, 20:42 WIB
jelang-timnas-indonesia-vs-taiwan-shin-tae-yong-mulai-pimpin-latihan-skuad-garuda
Shin Tae-yong memimpin latihan skuad Timnas Indonesia jelang laga lawan Taiwan di Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023. (Sumber: PSSI.org)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas Indonesia di bawah pimpinan pelatih asal Korea Selatan Shin Tae-yong sudah memulai persiapan jelang melawan Taiwan di babak Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023.

Pada Kamis (30/9/2021) kemarin, Skuad Garuda telah memulai pemusatan latihan di Stadion Madya, Jakarta. 

Shin Tae-yong memberikan penyesuaian materi latihan kepada anak asuhnya karena mayoritas pemain yang ia panggil masih harus membela timnya di kompetisi BRI Liga 1.

“Untuk pemain yang baru bermain di kompetisi BRI Liga 1 kemarin ikut latihan pemulihan, tetapi untuk pemain-pemain yang bermain tanggal 27 dan 28 itu ikut latihan normal tetapi tetap dalam porsi ringan,” kata Shin Tae-yong dikutip dari laman resmi PSSI.

Dalam sesi latihan yang berlangsung kurang lebih dua jam itu, Shin Tae-yong mengaku hanya memberikan latihan ringan kepada Victor Igbonefo dkk. 

“Hari ini kami hanya memberikan latihan ringan saja. Saya belum bisa mengetahui kemampuan para pemain secara langsung saat saya pimpin latihan terutama pemain yang baru bergabung."

"Saya yang memilih pemain berdasarkan pantauan saya selama Liga 1 berlangsung dan kami percaya mereka ini yang terbaik menurut saya,” lanjutnya.

Baca Juga: Jelang Timnas Indonesia Vs Taiwan, Shin Tae-yong Panggil 30 Nama untuk Skuad Garuda

“TC di Jakarta ini, saya akan fokus dalam mempersiapkan pertandingan nanti. Jadi materi latihan yang diberikan selanjutnya, mengenai kontrol kondisi dan fokus dalam organisasi permainan,” jelas mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu. 

Sementara itu, Saddil Ramdani yang akhirnya kembali mendapat panggilan ke timnas harus legowo dirinya gagal berseragam Garuda di dada akibat mengalami cedera. Posisinya kemudian digantikan pemain milik Persebaya Rizky Ridho. 

Sedangkan untuk tidak dipanggilnya striker PSIS Semarang Hari Nur Yulianto, Shin Tae-yong membeberkan alasannya. 

"Setelah saya menonton langsung, saya lihat dia belum mendapatkan performa terbaik. Tetapi saya percaya ia pasti akan bisa meningkatkan performanya dan memiliki potensi untuk dipanggil timnas Indonesia,” ungkapnya.

Meski sudah memulai latihan, namun punggawa Timnas Indonesia yang bermain di luar negeri baru bisa bergabung pada 3 dan 4 Oktober mendatang, menyesuaikan dengan kalender FIFA. 

Indonesia dijadwalkan akan menghadapi Taiwan pada laga Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 tanggal 7 dan 11 Oktober mendatang di lokasi netral yaitu Buriram, Thailand.

Baca Juga: Shin Tae-yong Dapat Kritik soal Pemilihan Pemain Timnas Indonesia

 



Sumber : Kompas TV/PSSI


BERITA LAINNYA



Close Ads x