Kompas TV nasional politik

Relawan Bala Anies Pilih Memaklumi Pernyataan Giring, Ini Alasannya

Kompas.tv - 1 Oktober 2021, 13:37 WIB
relawan-bala-anies-pilih-memaklumi-pernyataan-giring-ini-alasannya
Plt Ketua Umum PSI Giring Ganesha dulu dikenal sebagai Giring Nidji. (Sumber: KOMPAS.com/PALUPI ANNISA AULIANI)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pelaksana tugas (Plt) Ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring yang menyebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai pembohong di media sosial mendapat respons dari ketua Relawan Anies Baswedan (Bala Anies) Sismono La Ode.

Menurut Sismono Lao De, masyarakat tidak perlu memperdebatkan pernyataan Giring. Ungkapan itu hanya pesan tak berdasar yang sengaja digiring Giring, sosok yang belum banyak pengetahuan seputar politik dan pemerintahan.

“Saya ajak masyarakat anggap pernyataan Giring itu guyonan saja, jangan ditanggapi serius,” ujar Sismono La Ode dalam keterangan pers di Markas Bala Anies yang berlokasi di Yogyakarta, Jumat (24/9/2021).

Baca Juga: Tudingan Giring soal Anies Baswedan Pembohong, Ini Kata PSI

Ia tidak menampik pesan yang dibawa Giring itu provokatif. Bahkan, secara kelembagaan pun, ia menyayangkan pernyataan Giring yang tidak berdasar.

“Terlebih, Jakarta secara khusus maupun Indonesia secara keseluruhan, sedang menghadapi pandemi Covid-19 yang perlu mendapatkan perhatian serius, alih-alih urusan politik praktis,” ucapnya.

Kendati demikian, Sismono La Ode memaklumi pernyataan Giring. Menurutnya, mantan vokalis band Nidji itu adalah sosok yang masih pemula, tidak memahami posisi politiknya, dan tidak memiliki rekam jejak aktivis sama sekali sejak menjadi mahasiswa.

“Ia memang pandai menguasai panggung, karena sering manggung sewaktu masih menjadi vokalis,” tuturnya.

Sismono La Ode berpendapat Giring yang baru pertama kali berpolitik tidak mampu membedakan posisinya. Ia mencontohkan, tidak ada ketua partai politik yang hanya fokus mengurusi Jakarta dan biasanya berbicara secara nasional.

Baca Juga: Giring PSI Kritik Anggaran DKI Untuk Formula E Saat Pandemi

“Saya kurang tahu, jangan-jangan PSI emang sekelas partai lokal, jadi wajar memiliki plt ketua yang tidak berkelas, lucu, dan bahkan sengaja menggiring provokasi untuk memecah belah," kata Sismono La Ode.

Ia berharap Giring segera menyadari kelasnya. Dalam memimpin partai, konstituennya adalah masyarakat dari seluruh Indonesia.

“Sebenarnya ia (Giring) telah memiliki skill bernyanyi yang baik dan bisa menghibur, namun sayangnya karakter itu tidak ditularkan di dunia politik. Sungguh ia lupa posisinya,” ucap Sismono La Ode.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x