Kompas TV nasional peristiwa

Kenangan Anies pada Almarhum Sabam Sirait: Sepanjang Hidupnya Berjuang untuk Rakyat

Kompas.tv - 30 September 2021, 13:04 WIB
kenangan-anies-pada-almarhum-sabam-sirait-sepanjang-hidupnya-berjuang-untuk-rakyat
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, melayat ke rumah duka anggota DPRD Sabam Sirait, Kamis (30/9/2021). (Sumber: Dok. Twitter @aniesbaswedan)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, melayat ke rumah duka anggota DPD RI Perwakilan Jakarta, Sabam Sirait, di Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. 

"Pertama Pemprov DKI dan warga Jakarta,  kami menyampaikan belasungkawa atas wafatnya Pak Sabam Sirait," kata Anies di rumah duka, Kamis (30/9/2021). 

Anies mengatakan, selama hidupnya, Sabam Sirait terus berjuang untuk masyarakat. 

"Saya pribadi memiliki rasa hormat yang amat tinggi kepada Pak Sabam, beliau seorang aktivis tidak muda yang sepanjang perjalanannya karir hidupnya adalah untuk perjuangan bagi masyarakat," kata Anies. 

Anies menceritakan, semasa hidupnya, Sabam Sirait dikenal aktif di berbagai organisasi dan terus berjuang untuk masyarakat hingga telah menjadi sosok senior. 

"Dan terakhir, beliau anggota DPD DKI Jakarta yang paling senior dan itu menunjukan semangat juang yang luar biasa keteladanan semangat tinggi selalu kerja keras dan menjaga hubungan dengan siapapun," kata Anies. 

Baca Juga: Sabam Sirait Tutup Usia, Seluruh Kader PDIP Berduka

Anies mengaku memiliki cerita tersendiri dengan Sabam Sirait. Ia mengatakan, kakeknya (Abdurrahman Baswedan) dan Sabam Sirait sudah bersahabat sejak tahun 1970-an. 

"Kakek saya dan Pak Sabam ini bersahabat dari mulai tahun 70, 80-an dan bersyukur sekali bahwa diakhir hayat beliau, beliau terus tercatat sebagai pribadi yang bermanfaat," kata Anies. 

"Semoga keluarga diberikan kekuatan ketabahan dan sekaligus terus menjaga nama besar dari mendiang Sabam Sirait," tutup Anies. 

"Selamat jalan dan beristirahat dalam damai, Pak Sabam Sirait," tulis Anies pada unggahan Twitternya, @aniesbaswedan. 

Sabam dikabarkan meninggal dunia pada Rabu (29/9/2021), sekitar pukul 22.37  karena penyakit paru-paru kronis.

“Telah berpulang ke rumah Bapa di Surga, Bapak Sabam Sirait (Ompung Marsahala Doli) di usia 85 tahun Rabu 29 September 2021 pukul 22.37 WIB di RS Siloam Karawaci,” kata Putra Nababan, menantu Sabam, melalui pesannya, seperti dikutip ANTARA.

Baca Juga: Kabar Duka dari PDI Perjuangan, Politisi Senior Sabam Sirait Tutup Usia

Sabam memiliki perjalanan karir yang panjang di bidang politik nasional. Beliau dikenal memiliki sederet andil dalam pembentukan awal PDI-Perjuangan yang kini menjadi partai dengan suara pemilu terbanyak.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x