Kompas TV nasional peristiwa

Detik-detik Pengejaran Kapal Malaysia yang Kepergok Mencuri Ikan di Perairan Indonesia

Kompas.tv - 29 September 2021, 12:57 WIB
Penulis : Aryo bimo

SELAT MALAKA, KOMPAS.TV - Direktorat Jenderal Pengawas Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (Ditjen PSDKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menangkap 1 kapal ikan Malaysia yang kepergok mencuri ikan atau melakukan illegal fishing di perairan Indonesia.

Momen penangkapan kapal ikan Malaysia itu terekam dalam kamera petugas PSDKP yang sedang bertugas atau on board di Kapal Pengawas Hiu 17.

Dalam video berdurasi 2 menit lebih itu, Kapal Pengawas Hiu 17 tampak mengejar kapal ikan Malaysia dalam kecepatan tinggi.

Baca Juga: KKP Tangkap Kapal Ikan yang Kedapatan Pakai Pukat Harimau

Peristiwa pengejaran ini terjadi di perairan Selat Malaka. Petugas PSDKP bahkan harus melepaskan tembakan peringatan lantaran kapal ikan Malaysia terus berupaya melarikan diri.

Pelarian kapal ikan Malaysia yang berisi 4 orang awak kapal berkewarganegaraan Indonesia ini terhenti setelah petugas PSDKP berhasil meloncat masuk ke dalam kapal.

Baca Juga: Sebelumnya Dilarang, KKP Izinkan Pukat Harimau untuk Halau Kapal Ikan Asing Ilegal

Selain illegal fishing, kapal ikan Malaysia ini juga menggunakan alat pancing trawl yang jelas sudah dilarang penggunaannya karena dapat merusak ekosistem laut.

Untuk menjalani proses hukum, kapal ikan Malaysia beserta dan 4 awak kapal WNI langsung diamankan ke Stasiun PSDKP Batam.

Video Editor: Vila Randita



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x