Kompas TV internasional kompas dunia

Taliban akan Berlakukan Sementara Konstitusi Tahun 1964 Zaman Afghanistan Masih Kerajaan

Kompas.tv - 28 September 2021, 22:03 WIB
taliban-akan-berlakukan-sementara-konstitusi-tahun-1964-zaman-afghanistan-masih-kerajaan
Perempuan Afghanistan berunjuk rasa hari Minggu (19/9/2021).  "Emirat Islam akan mengadopsi konstitusi masa mantan Raja Mohammad Zahir Shah untuk sementara waktu," kata Mawlavi Abdul Hakim Sharaee, menteri kehakiman sementara Taliban seperti dilaporkan pada Selasa (28/9/2021). (Sumber: Straits Times via AFP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

KABUL, KOMPAS.TV - Pemerintahan Taliban di Afganistan mengatakan mereka akan mengadopsi sementara konstitusi Afganistan tahun 1964 yang memberikan hak pilih kepada perempuan, tetapi menghilangkan unsur-unsur yang tidak mereka setujui menurut interpretasi mereka terhadap hukum syariah Islam.

Penjabat menteri kehakiman Taliban mengeluarkan pernyataan pada Selasa (29/9/2021), mengatakan mereka berencana untuk memperkenalkan konstitusi yang digunakan selama masa keemasan demokrasi Afghanistan yang berumur pendek, tetapi hanya sebentar dan dengan amandemen, seperti dilansir Daily Sabah, dikutip dari AFP, Selasa (29/9/2021).

"Emirat Islam akan mengadopsi konstitusi masa mantan Raja Mohammad Zahir Shah untuk sementara waktu," kata Mawlavi Abdul Hakim Sharaee, menteri kehakiman sementara Taliban.

Tetapi apa pun dalam teks yang ditemukan bertentangan dengan hukum Syariah dan prinsip-prinsip Taliban akan dibuang, tambahnya.

Hampir enam dekade lalu, sebelum negara adidaya dunia campur tangan di negara itu, Afghanistan menikmati periode singkat monarki konstitusional pada masa pemerintahan Raja Mohammad Zahir Shah.

Raja meratifikasi konstitusi setahun setelah berkuasa pada tahun 1963, mengantarkan hampir satu dekade demokrasi parlementer sebelum ia digulingkan pada tahun 1973.

Konstitusi 1964, yang memberi perempuan hak untuk memilih untuk pertama kalinya dan membuka pintu bagi peningkatan partisipasi mereka dalam politik, tampaknya tidak sesuai dengan pandangan kaku Taliban.

Kelompok itu, yang meraih kekuasaan pada pertengahan Agustus, bersumpah akan melakukan pendekatan yang lebih lembut dan lebih inklusif daripada selama pemerintahan brutal mereka tahun 1996 hingga 2001, ketika sebagian besar perempuan dikucilkan dari kehidupan publik, termasuk pekerjaan dan pendidikan.

Tetapi ketika mereka mempresentasikan pemerintahan sementara mereka awal bulan ini, semua posisi teratas jatuh ke tangan garis keras, dan tidak ada perempuan yang disertakan.

Baca Juga: Utusan Khusus AS Ungkap Negosiasi dengan Taliban dan Afghanistan sebelum Kejatuhan Kabul

Beberapa anggota kabinet pemerintahan sementara Afghanistan yang dipimpin Mullah Mohammad Hassan Akhund. "Emirat Islam akan mengadopsi konstitusi masa mantan Raja Mohammad Zahir Shah untuk sementara waktu," kata Mawlavi Abdul Hakim Sharaee, menteri kehakiman sementara Taliban seperti dilaporkan pada Selasa, 28 September 2021. (Sumber: India Times)


Sumber : Daily Sabah/AFP


BERITA LAINNYA



Close Ads x