Kompas TV internasional kompas dunia

Krisis BBM Inggris Makin Parah, 90 Persen SPBU di Beberapa Wilayah Kehabisan Stok

Kompas.tv - 28 September 2021, 00:05 WIB
krisis-bbm-inggris-makin-parah-90-persen-spbu-di-beberapa-wilayah-kehabisan-stok
Asosiasi Pengecer BBM Inggris mengatakan 90 persen SPBU Mereka di seluruh negeri sudah kehabisan stok BBM karena kelangkaan sopir truk tangki yang sebagian besar bukan warga Inggris. (Sumber: Phil Noble/RT via Reuters)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

LONDON, KOMPAS.TV - Hampir 90 persen SPBU di kota-kota besar Inggris kehabisan stok bahan bakar minyak (BBM), seperti dilansir France24, Senin (27/09/2021).

Situasi diperparah dengan aksi warga yang memborong BBM sehingga krisis rantai pasokan di Inggris yang dipicu oleh kurangnya jumlah sopir truk pengangkut itu kini makin runyam.

Kelangkaan sopir truk, pertama kali sejak Inggris mundur dari Uni Eropa (Brexit), menyebabkan kekacauan rantai pasokan, dari makanan hingga BBM.

Kondisi itu menimbulkan kekhawatiran terhadap kenaikan harga barang menjelang Natal. Para menteri berulang kali meminta masyarakat untuk tidak melakukan aksi memborong barang.

Asosiasi Pengecer Bensin Inggris (PRA) yang mewakili hampir 5.500 gerai independen BBM, mengatakan sekitar dua pertiga anggotanya melaporkan mereka sudah menjual habis bahan bakar mereka, sementara sisanya "sebagian mulai kering dan segera habis".

Di beberapa wilayah, hingga 90 persen pompa bensin sudah kehabisan stok, kata Ketua PRA Brian Madderson, seraya menambahkan kekurangan tersebut adalah akibat dari "pembelian panik, sesederhana itu (sebabnya)".

"Ada banyak bahan bakar di negara ini, tapi lokasinya di tempat yang salah bagi pengendara," katanya kepada BBC. "BBM masih di terminal dan kilang."

Baca Juga: Inggris Kekurangan Pasokan Bensin dan Solar, Antrean BBM Mengular

Mobil-mobil terlihat mengular di depan SPBU Inggris. Asosiasi Pengecer BBM Inggris mengatakan 90 persen SPBU Mereka di seluruh negeri sudah kehabisan stok BBM karena kelangkaan supir truk tangki. (Sumber: Straits Times via AFP)

Antrean panjang kendaraan terbentuk di banyak SPBU selama akhir pekan, dan suasana memanas saat beberapa pengemudi menunggu berjam-jam.



Sumber : Kompas TV/Straits Times/Bloomberg


BERITA LAINNYA



Close Ads x