Kompas TV bisnis kompas bisnis

Begini Kronologi Krisis Properti Evergrande China

Kompas.tv - 24 September 2021, 18:06 WIB
Penulis : Christandi Dimas

KOMPAS.TV - Siapa sih Evergrande ini? Kenapa jika perusahaan gagal bayar utang dampaknya begitu mengerikan? Berikut sedikit kami paparkan kronologi singkatnya.

Evergrande merupakan perusahaan properti raksasa kedua di China yang didirikan oleh miliarder Hui Ka Yan.

Evergrande Real Estate saat ini memiliki lebih dari 1.300 proyek di 280 kota di China. Kamu bayangkan 280 kota ini skala luar biasa untuk perusahaan properti.

Sedang menjadi sorotan karena Evergrande ini memiliki utang jumbo, bahkan terbesar di dunia yang nilainya USD 300 miliar.

Bunga surat utang global yang harus dibayar dalam waktu dekat pun adalah USD 84 juta. Bunganya saja nilainya triliunan Rupiah.

Utang jumbo tadi kalau dikonversi dengan kurs Rp 14.300 per USD 1 adalah hampir Rp 4.300 triliun. Nilainya sekitar dua kali dari APBN Indonesia. Kamu bisa bayangkan betapa dahsyatnya.

Itu utang satu korporasi saja jika di Indonesia bisa bangun pendidikan, infrastruktur, sampai beli senjata perang.

Jangan lewatkan streaming Kompas TV live 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live agar kamu semua tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia. Subscribe juga channel YouTube Kompas TV dan aktifkan lonceng supaya kamu dapat notifikasi video terbaru langsung.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x