Kompas TV klik360 sinau

Mengenal Kabel Laut Jasuka, Salah Satu yang Terpanjang di Dunia

Sabtu, 25 September 2021 | 18:30 WIB

KOMPAS.TV - Gangguan pada layanan internet Indihome dan Telkomsel yang dilaporkan pada Minggu (19/9/2021) disebabkan oleh adanya masalah pada sistem komunikasi kabel laut Jasuka ruas Batam-Pontianak.

Pihak Telkom saat ini sedang mengupayakan perbaikan, dengan perkiraan proses perbaikan kabel laut yang terganggu akan memakan waktu sekitar satu bulan.

Lalu, apa itu kabel laut Jasuka?

Dilansir dari laman Submarine Cable Map, kabel laut Jasuka adalah kabel bawah laut yang dimiliki Telkom Indonesia dengan panjang mencapai 10.860 km.

Jaringan kabel laut Jasuka merupakan kabel laut terpanjang di dunia yang terdiri atas 4 kanal 40G, dengan kapasitas daya tampungnya mencapai 16 kali lipat dari jalur konvensional.

Dibangun sejak 2006, ada 17 titik pendaratan (landing points) yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, serta Malaysia.

Seluruh titik itu adalah di Bandar Lampung, Batam, Baturaja, Dumai, Jakarta, Jambi, Medan, Padang, Palembang, Pekanbaru, Pontianak, Rantau Parapat, Sibolga Tanjung Pakis, Tanjung Pandan, Teping Tinggi, dan Bandar Bukti Tinggi.

Kabel laut Jasuka adalah bagian dari Indonesia Digital Network 2015 (IDN), sebuah program dari Telkom Indonesia yang punya target menghubungkan 90 persen area di Indonesia dalam jaringan broadband.

Telkom membaginya menjadi enam kawasan pembangunan ring. Dimulai dari Ring Sumatera, Ring Jawa, Ring Kalimantan, Ring Sulawesi dan Maluku Utara, Ring Bali dan Nusa Tenggara dan Ring Kepulauan Maluku dan Papua.

Sistem kabel bawah laut Jasuka tidak hanya digunakan Telkom, tapi juga operator-operator utama lain di Indonesia. Jalur itu tidak hanya digunakan untuk data, melainkan trafik suara, baik tetap maupun bergerak.

Dalam membangun sistem kabel laut Jasuka, Telkom menggandeng Nokia Siemens Network dengan peningkatan kapasitas bandwidth hingga 40 Gbps pada 2011.

Baca Juga: PT Telkom Beri Kompensasi Bagi Pelanggan IndiHome, Mulai Pengunduran Pembayaran Hingga Bebas Denda

(*)

Grafis: Arief Rahman

Penulis : Gempita Surya

Sumber : diolah dari berbagai sumber


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:45
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19