Kompas TV regional sosial

Praka Anumerta Ida Bagus Putu Dimakamkan di TMP Ngabang, Bupati hingga Korem Hadir dalam Upacara

Kompas.tv - 23 September 2021, 17:48 WIB
praka-anumerta-ida-bagus-putu-dimakamkan-di-tmp-ngabang-bupati-hingga-korem-hadir-dalam-upacara
Komandan Korem 121/Alambhana Wanawwai Brigjen TNI Ronny memimpin upacara pemakaman Praka Anumerta Ida Bagus Putu Suwarman di Taman Makam Pahlawan, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, Kamis (23/7/2021). (Sumber: KOMPAS TV/Doris Pardede)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

PONTIANAK, KOMPAS.TV – Komandan Korem 121/Alambhana Wanawwai Brigjen TNI Ronny memimpin upacara pemakaman Praka Anumerta Ida Bagus Putu Suwarman di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.

Praka Anumerta Ida Bagus Putu Suwarman gugur saat baku tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di wilayah Kiwirok, Distrik Kiwirok Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua pada Selasa (21/9/2021) pagi.

Saat itu prajurit TNI Yonif 403/Wirasada Pratista yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-PNG di pos Kiwirok Kipur 3 ini sedang menjalankan tugas pengamanan helikopter yang akan mengevaluasi tenaga kesehatan.

Baca Juga: Kronologi Anggota TNI Pratu Ida Bagus Putu yang Gugur dalam Kontak Senjata dengan KKB di Papua

Danrem 121/Abw Brigjen TNI Ronny mengatakan almarhum merupakan putra terbaik Kalimantan Barat yang gugur dalam tugas.

Menurut Ronny,  masyarakat Kalbar akan mengenang jasa almarhum sebagai pahlawan yang menjaga dan mempertahankan NKRI dari ancaman KKB.

"Bagaimana pun Almarhum telah menyumbangkan jiwa dan raga di tempat penugasan daerah operasi untuk kepentingan negara. Kami memberikan penghargaan yang tinggi bagi almarhum dan keluarga," ujar Ronny usai pemakaman, Kamis (23/9/2021).

Di kesempatan yang sama Bupati Landak Karolin Margret Natasa menyatakan masyarakat Kabupaten Landak, turut berduka cita atas gugurnya Praka Anumerta Ida Bagus Putu Suwarman.

Baca Juga: Anggota TNI Pratu Ida Bagus Putu Gugur dalam Pertempuran dengan KKB Lamek Taplo di Kiwirok Papua

Sebagai putra yang lahir di Kabupaten Landak, almarhum telah mengabdikan diri bagi bangsa dan negara.

"Semua masyarakat Kabupaten Landak khususnya dan Kalimantan Barat pada umumnya berkabung atas gugurnya Praka Anumerta Ida Bagus Putu Suwarman. Semoga perjuangan putra kami ini bisa diteruskan oleh kita semua," ujar Karolin.

Selain Bupati Landak dan Danrem 121/Alambhana Wanawwai, Ketua DPRD Kabupaten Landak, Komandan Kodim 1201/Mempawah, Kapolres Landak, Kajari Landak, Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Landak, Komandan Yon Armed 16/Komposit, Sekda Landak turut hadir dalam upacara pemakaman almarhum Praka Anumerta Ida Bagus Putu Suwarman.

Baca Juga: Video Amatir Kontak Senjata Aparat dan Kelompok Separatis Teroris Papua di Distrik Kiwirok

Praka Anumerta Ida Bagus Putu Suwarman gugur dengan luka tembak di bagian kepala saat pengamanan proses evakuasi jenazah Suster Gabriela Maelani.

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Reza Patria menyatakan saat proses evakuasi jenazah Suster Gabriela sempat terjadi baku tembak dengan KKB pimpinan Lamek Taplo.

Kontak senjata terjadi sekitar pukul 06.30 WIT, Selasa (21/9/2021). 

"Dalam pelaksanaan evakuasi tersebut ada anggota TNI yang berupaya melakukan pengamanan. Dalam proses pengamanan tersebut, anggota kita gugur karena kontak tembak dengan KKB," ujar Reza Patria.

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x