Kompas TV nasional kesehatan

Tukul Arwana Dilarikan ke RS karena Pendarahan Otak, Kenali Penyebab dan Gejalanya

Kompas.tv - 23 September 2021, 15:18 WIB
tukul-arwana-dilarikan-ke-rs-karena-pendarahan-otak-kenali-penyebab-dan-gejalanya
Ilustrasi pendarahan otak. Penyebab dan gejala pendarahan otak. (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kabar tak mengenakkan datang dari komedian Tukul Arwana yang dilarikan ke rumah sakit karena pendarahan otak, Kamis (23/9/2021).

Anak Tukul Arwana, Ega Prayudi, mengatakan bahwa pria bernama asli Tukul Riyanto ini sedang dirawat di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional.

“Betul beliau (masuk rumah sakit). Saat ini masih dalam perawatan dokter, mohon doanya ya,” kata Ega kepada Kompas.com.

Berkaca dari Tukul Arwana, penting untuk mengetahui apa itu pendarahan otak, penyebab, serta gejala yang perlu diwaspadai agar tidak menimbulkan komplikasi yang lebih parah.

Baca Juga: Dikabarkan Pendarahan Otak, Tukul Arwana Dilarikan ke Rumah Sakit

Melansir Verywellhealth, Kamis (23/9/2021), pendarahan otak merupakan kondisi darurat medis yang serius. Kondisi ini bisa diakibatkan dari trauma kepala, tumor otak, atau pendarahan dari pembuluh darah di dalam otak.

Pendarahan otak dapat menyebabkan kerusakan permanen dan menyebabkan kompilkasi seperti kelumpuhan permanen pada bagian tubuh, cacat kognitif (kesulitan berpikir), kejang berulang, hingga ketidakmampuan untuk merawat diri sendiri secara mandiri.

Penyebab pendarahan otak

Disebutkan bahwa semua pembuluh darah pada dasarnya bisa mengalami pendarahan, namun pendarahan pada pembuluh darah otak jarang terjadi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan pendarahan pada otak, di antaranya:

1. Trauma kepala

Semua jenis trauma kepala yang disebabkan karena jatuh, kecelakaan, atau cedera olahraga yang dapat menyebabkan pendarahan di otak. Area pendarahan setelah trauma kepala biasanya terjadi di area antara tengkorak dan membran sekitarnya. Trauma ini juga meningkatkan risiko stroke.



Sumber : Kompas TV/Verywellhealth


BERITA LAINNYA



Close Ads x