Kompas TV regional berita daerah

Manfaatkan Hutan Sekunder Demi Kesejahteraan Petani

Kompas.tv - 23 September 2021, 12:57 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEMALANG, KOMPAS.TV - Lembaga pengembangan masyarakat desa dan perlindungan hutan (LPMDPH) memanfaatkan hutan alam sekunder di Kabupaten Pemalang untuk kesejahteraan petani sekitar, dengan cara membuat pusat pembelajaran pertanian hutan.

Konsep pusat pembelajaran pertanian hutan oleh LPMDPH berada di lahan perhutani petak 53, Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang. Para petani di sekitar hutan kini sudah memulai menanam jenis buah-buahan, sayur, tambak ikan hingga mempersiapkan tempat untuk beternak.

Nantinya dalam beberapa tahun ke depan pusat pembelajaran pertanian hutan ini akan menjadi lokasi masyarakat yang ingin berwisata, yakni mengenal alam hingga belajar untuk bertani serta beternak.

Pembuatan pusat pembelajaran pertanian hutan ini tidak hanya untuk pengentasan kemiskinan bagi masyarakat di sekitar hutan, namun juga untuk meningkatkan kualitas SDM petani sekitar kawasan hutan. Supaya perbaikan ekonomi warga terwujud dan menjadikan wilayah hutan sebagai cadangan pangan nasional.

"Tujuannya ada dua, yang pertama adalah bagaimana peningkatan kualitas SDM petani sehingga tertulis disana melalui agro tani center, maka kita akan tingkatkan kualitas petani disekitar hutan. Kemudian yang kedua, adanya rangkaian 3 kegiatan," kata Ahmad Taufik, Ketua LPMDPH.

Diharapkan dengan terciptanya sebuah sinergi dalam mewujudkan pengelolaan lahan hutan bisa bermanfaat bagi semua terutama petani di sekitar hutan.

#kabupatenpemalang #lpmdph #pertanian



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x