Kompas TV internasional kompas dunia

Lebanon Krisis Ekonomi, Harga BBM Naik 10 Kali Lipat

Rabu, 22 September 2021 | 19:21 WIB
lebanon-krisis-ekonomi-harga-bbm-naik-10-kali-lipat
Seorang simpatisan Hizbullah di Baalbek, Lebanon merayakan BBM kiriman dari Iran dengan cara menembakkan senapan mesin ke udara, Kamis (16/9/2021). (Sumber: Bilal Hussein/Associated Press)

BEIRUT, KOMPAS.TV - Pemerintah Lebanon kembali menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) pada Rabu (22/9/2021). Harga dinaikkan sejumlah 16 persen dan menjadi kenaikan kedua dalam lima hari terkini.

Langkah tersebut diambil pemerintah sebagai bagian kebijakan bertahap mengurangi subsidi. Lebanon menempuh kebijakan tersebut menyusul krisis ekonomi yang mendera sejak 2019 lalu.

Setelah kenaikan ini, warga mesti membayar sepuluh kali lipat untuk bensin dibanding harga sebelum krisis. Bensin beroktan 95 saat ini mesti ditebus seharga 10.120 lira atau sekitar Rp205 ribu per 20 liter.

Baca Juga: Insiden Ledakan Tangki BBM di Lebanon, 20 Orang Tewas

Krisis juga membuat mata uang Lebanon (lira atau paun Lebanon) terjun bebas. Selama 30 tahun terkini, nilai tukar lira ada di sekitar 1.500 per satu dolar AS. Kini, satu dolar AS bisa dipertukarkan dengan kurang-lebih 15.400 lira.

Naiknya bahan bakar menimbulkan antrian panjang di stasiun pengisian bahan bakar (SPBU). Antrian tersebut juga menyebabkan kemacetan.

Melansir Associated Press, harga BBM yang melambung pun membuat banyak bisnis terpaksa tutup dan memengaruhi harga listrik.

Sebelumnya, bank sentral Lebanon mengaku bahwa mereka sudah tidak bisa menyubsidi pembelian bahan bakar yang menguras cadangan devisa.

Untuk mengatasi krisis, pemerintah Lebanon yang belum lama dibentuk hendak melakukan negosiasi ulang dengan International Monetary Fund (IMF) untuk mendapatkan paket pemulihan ekonomi.

Pemerintah sebelumnya dilaporkan gagal mencapai kesepakatan dengan IMF. Karena krisis yang terus memburuk, kabinet perdana menteri (PM) Hassan Diab dibubarkan dan diganti oleh PM Najib Mikati pada September 2021.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:53
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19