Kompas TV nasional peristiwa

Lonjakan Ketiga Covid-19 di Depan Mata, Rumah Sakit Diminta Waspada

Rabu, 22 September 2021 | 12:52 WIB
lonjakan-ketiga-covid-19-di-depan-mata-rumah-sakit-diminta-waspada
Ilustrasi pelaksanaan vaksinasi massal di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim). Gubernur Kaltim Isran Noor meminta warganya untuk mengantisipasi masuknya Covid-19 varian Mu. (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengingatkan kepada pemerintah agar  meningkatkan kapasitas fasilitas kesehatan untuk mengantisipasi prediksi puncak gelombang ketiga penyebaran virus Covid-19 yang diperkirakan pada Desember 2021. 

“Kepada pemerintah, kami minta untuk fasilitas sarana dan prasarana tetap diwaspadakan. Rumah sakit-rumah sakit juga harus tetap dalam keadaan waspada, jangan lengah dan kondisi selalu siaga. Kalau gelombang ketiga itu ada, kita sudah siap,” ujar Dasco kepada awak media di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (21/9/2021).

Meski demikian, Dasco menyebut bukan hanya pemerintah yang perlu mewaspadai puncak gelombang ketiga penyebaran Covid.

Masyarakat juga perlu mengambil peran agar hal tersebut tidak terjadi. Menurutnya, pemerintah dan masyarakat jangan sampai lengah dengan tren penurunan kasus Covid-19 di Indonesia. Terlebih, kata politisi Partai Gerindra itu, memasuki November-Desember akan ada banyak libur nasional.

Baca Juga: Pasca Libur Panjang, Kasus Covid 19 Menurun


“Kita sudah bersama mengalami pahitnya lonjakan pandemi kedua di mana banyak rumah sakit kemudian daya tampungnya melebihi kapasitas tidak memadai dan lalu obat-obatan yang tidak memadai, kemudian sebaran yang begitu cepat membuat kita semua kewalahan. Mari kita sama-sama kepada bangsa Indonesia kita jangan lengah, kita tetap protokol kesehatan," jelas Dasco lebih lanjut.

Pernyataan Dasco merujuk pada  epidemiolog Universitas Indonesia (UI) Tri Yunis Miko yang  memprediksi Indonesia bakal masuk puncak ketiga Covid-19 atau third wave pada Desember 2021.

Miko menjelaskan, prediksi itu akan terjadi jika capaian vaksinasi Covid-19 tak sampai 50 persen pada akhir tahun 2021, ditambah dengan banyak pelonggaran aktivitas meski Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diterapkan.

Sementara Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengingatkan pentingnya belajar dari pengalaman untuk mencegah potensi lonjakan ketiga di Indonesia.

"Indonesia saat ini telah mengalami dua kali lonjakan yang terjadi pada Januari dan Juli 2021," kata Wiku Adisasmito,  Rabu (22/9/2021).

Penulis : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:21
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19