Kompas TV nasional peristiwa

Emban Tugas Berat dan Mulia, Menkes Minta Semua Pihak Jaga Keamanan-Kenyamanan Kerja Nakes

Kompas.tv - 21 September 2021, 18:16 WIB
emban-tugas-berat-dan-mulia-menkes-minta-semua-pihak-jaga-keamanan-kenyamanan-kerja-nakes
Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual PPKM. (Sumber: Youtube Sekretariat Presiden)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin minta semua pihak menjaga keamanan dan kenyaman kerja tenaga kesehatan (nakes). 

Imbauan Menkes tersebut menyusul peristiwa kekerasan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua yang menewaskan satu nakes yang bertugas di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Budi menegaskan, tenaga kesehatan memiliki tugas mulia untuk mengabdi di seluruh pelosok Indonesia terutama untuk berperang melawan Pandemi Covid-19 yang telah membunuh lebih dari 4 juta manusia di seluruh dunia.

“Saya sangat berharap kita semua dapat menjaga keamanan dan kenyamanan kerja seluruh tenaga kesehatan karena tugas mereka yang berat dan mulia di seluruh pelosok Indonesia,” kata Budi dalam konferensi pers perpanjangan PPKM, Senin (20/9/2021).

Baca Juga: Lagi, KKB Serang Aparat Saat Pemindahan Jenazah Nakes Gabriela Melani di Distrik Kiwirok

Pada kesempatan sama, Budi mengucapkan duka mendalam serta menyesalkan peristiwa kekerasan oleh KKB) di Papua yang telah menggugurkan satu tenaga medis yang tengah bertugas di sana.

“Pemerintah khususnya Kemenkes mengucapkan duka cita yang mendalam. Kami sangat menyesalkan peristiwa kekerasan oleh KKB di Papua, sehingga mengakibatkan salah satu tenaga medis kami Gabriela Meilan gugur dalam melaksanakan tugas mulianya,” kata Budi.

Seperti diwartakan sebelumnya, Gabriela adalah nakes yang menjadi korban dalam peristiwa tersebut. 

Selain Gariela, ada satu tenaga medis lainnya yang juga merupakan korban kekerasan oleh KKB, yakni Kristina Sampe yang berhasil diselamatkan oleh aparat.

Gabriela dan Kristina sempat dinyatakan hilang pada hari Senin (13/9) pasca penyerangan oleh KKB di di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Kemudian, pada Rabu (15/9) pukul 15.30 WIT, personel gabungan TNI-Polri berhasil menemukan kedua nakes itu.

Baca Juga: Menkes Budi Gunadi Menyesalkan Peristiwa Kekerasan KKB hingga Tewaskan Nakes di Papua



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x