Kompas TV regional berita daerah

Sampah Bisa Diolah Jadi Pakan Ternak, Caranya?

Kompas.tv - 21 September 2021, 10:07 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV – Guna meminimalisir tumpukan sampah rumah tangga, Kelurahan Pedalangan Banyumanik mendirikan tempat pengolahan sampah untuk dijadikan pupuk dan pakan ternak. Pupuk tersebut selain dijual  juga untuk mendukung program penghijauan wilayah.

 

Selama ini ada 400 KG sampah rumah tangga di Wilayah Pedalangan Banyumanik yang berhasil dikumpulkan petugas tempat pengelolaan sampah Reduce, Reuse, Recycle atau TPS 3R setiap harinya.

 

Sampah tersebut kemudian dibawa ke tempat pengolahan sampah untuk dipilah- pilah. Pemisahan dilakukan untuk sampah organik dan anorganik Untuk sampah organik diolah untuk menjadi pupuk sementara anorganik seperti botol plastic, kertas dan alumunium dikumpulkan untuk dijual. 

 

“Untuk pembuatan pupuk diperlukan waktu satu bulan dan hasilnya bisa dijual. Selain dijual  pupuk juga untuk mendukung program penghijauan wilayah pedalangan,” ujar Sekretaris TPR3R, Umar Dani.

 

Selain pupuk,TPS 3R  juga mengolah atau budidaya maggot untuk pakan ternak. TPS 3R  ini berdiri dengan anggaran kementerian PUPR yang diusulkan oleh salah seorang anggota DPR RI.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x