Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Masih Ada Kesempatan! Ini Daftar Lowongan Pekerjaan KAI, Persyaratan, dan Kisaran Gajinya

Senin, 20 September 2021 | 12:08 WIB
masih-ada-kesempatan-ini-daftar-lowongan-pekerjaan-kai-persyaratan-dan-kisaran-gajinya
Salah satu Kereta Jarak Jauh milik PT Kereta Api Indonesia (Sumber: kai.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV - BUMN PT Kereta Api Indonesia (KAI) sedang membuka lowongan pekerjaan untuk berbagai posisi, mulai dari teknisi sampai masinis. Tingkat pendidikan yang dibutuhkan pun beragam, dari SMA hingga sarjana.

"Buat yang nungguin info rekrutmen, pasti seneng banget nih, karena KAI resmi membuka rekrutmen pegawai untuk beberapa formasi nih, #SahabatKAI," begitu isi pengumuman di akun instagram resmi KAI, @kai121_.

"Formasi yang dibutuhkan pada rekrutmen ini, yaitu: Masinis, Kondektur, PPKA, PLR/PRS, PNC LAA, PNC Sintelis, Operator KP JR, Teknisi Workshop Depo Mekanik JJ, Satker Teknisi Jalan Rel dan Jembatan, Administrasi, Staf Pelayanan, dan Teknisi Pemeliharaan Sarana," lanjut pengumuman tersebut.

Sementara tingkat pendidikan yang dibutuhkan SLTA, D3, dan D4/S1. Pendaftaran lowongan pekerjaan tersebut masih dibuka hingga 24 September 2021.

Baca Juga: Lowongan Kerja Bank Muamalat untuk SMA, SMK, D3, dan S1, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Mengutip laman recruitment.kai.id, berikut adalah kriteria untuk mengisi lowongan pekerjaan pegawai KAI:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI);
  2. Jenis Kelamin Pria/Wanita;
  3. Sehat jasmani/rohani;
  4. Memiliki: Ijazah SLTA (SMK/MA/SMK/MAK) dengan Nilai Ujian Akhir Nasional (UAN) rata-rata minimal 7,0 (tujuh koma nol);
  5. Khusus untuk SLTA (SMA/MA/SMK/MAK) yang lulus pada tahun 2020 dan 2021, menggunakan nilai pada ijazah dengan nilai rata-rata minimal 7,0 (tujuh koma nol) atau 70 (tujuh puluh);
  6. Ijazah D3 dengan IPK minimal 3,0 (tiga koma nol) dan akreditasi jurusan/program studi pada saat tanggal kelulusan minimal "B" dari BAN-PT;
  7. Ijazah D4/S1 dengan IPK minimal 3,0 (tiga koma nol) dan akreditasi jurusan/program studi pada saat tanggal kelulusan "A" dari BAN-PT.
  8. Usia pelamar per 1 September 2021; Tingkat SLTA serendah-rendahnya 18 tahun dan setinggi-tingginya 25 tahun; Tingkat D3 serendah-rendahnya 20 tahun dan setinggi-tingginya 27 tahun; Tingkat D4/S1 serendah-rendahnya 21 tahun dan setinggi-tingginya 30 tahun.
  9. Memiliki tinggi badan: Pria minimal 160 cm dengan berat badan ideal; Wanita minimal 155 cm dengan berat badan ideal; Khusus Pria Formasi Masinis, Kondektur, PPKA, Pengawas Stasiun dan Petugas Langsir (PLR)/Petugas Rumah Sinyal (PRS) minimal 165 cm dengan berat badan ideal; Khusus Wanita Formasi Masinis, PPKA dan Pengawas Stasiun minimal 160 cm dengan berat badan ideal.
  10. Berpenampilan menarik;
  11. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kepolisian yang masih berlaku;
  12. Tidak bertato dan tidak bertindik (pria);
  13. Tidak pernah menggunakan dan/atau terlibat narkoba atau psikotropika yang dibuktikan dengan surat keterangan dari instansi yang berwenang (BNN/Kepolisian);
  14. Tidak pernah dihukum penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap;
  15. Tidak pernah diberhentikan di anak perusahaan atau institusi lainnya dikarenakan hukuman disiplin atau diberhentikan dengan tidak hormat;
  16. Tidak memiliki hubungan perkawinan dengan pekerja perusahaan pada saat diterima sebagai pekerja perusahaan;
  17. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja perusahaan;
  18. Lulus dalam seleksi calon pekerja baru yang diselenggarakan oleh panitia recruitment PT Kereta Api Indonesia (Persero) tahun 2021.

Baca Juga: Hati-Hati Jobseekers! 5 Ciri Lowongan Kerja Palsu yang Harus Dihindari

Lantas, berapa besaran gaji buat yang diberikan KAI buat pegawainya? Mengutip Kompas TV, berikut adalah daftar gaji pegawai KAI:

  • Executif Vice President : Rp42,5 juta/bulan
  • Asistant Manager : Rp8,8 juta/bulan
  • Call Center Agent : Rp4 juta/bulan
  • Contact Center Agent : Rp4 juta/bulan
  • Customer Service : Rp4 juta/bulan
  • Finance Manager : Rp4 juta/bulan
  • Front Liner : Rp2,5 juta/bulan
  • Manager : Rp4 juta/bulan
  • Marketing Staff : Rp4 juta/bulan
  • Kondektur : Rp6,5 juta/bulan
  • Masinis : Rp13 juta/bulan

Selain itu, pegawai PT KAI juga mendapat tunjangan yang diberikan setiap bulan, antara lain:

  • Tunjangan anak istri.
  • Tunjangan perjalanan dinas.
  • Tunjangan resiko Masinis.
  • Tunjangan kebugaran polsuska.
  • Tunjangan Jabatan Struktural kepada pejabat terkait keselamatan perjalanan kereta api.
  • Tunjangan seragam
  • Tunjangan rekreasi.
  • Tunjangan rumah.
  • Tunjangan transportasi.
  • Tunjangan kebugaran dan lain-lain.

Manajemen KAI juga mengingatkan, agar para pemain tidak terjebak penipuan. Lowongan pekerjaan di KAI tidak dipungut biaya dan semua informasi terkait lowongan hanya diumumkan melalui situs recruitment.kai.id. Selamat Mencoba!

Penulis : Dina Karina | Editor : Fadhilah

Sumber :


BERITA LAINNYA


Peristiwa

Jenazah Ali Kalora Dijemput Keluarga

Senin, 20 September 2021 | 12:08 WIB
Berita Daerah

Jembatan Kaca Tarik Minat Wisatawan

Senin, 20 September 2021 | 12:02 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
12:11
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19