Kompas TV regional berita daerah

Kabar Baik, Jatim Masuk Level 1, Satu-satunya di Indonesia

Sabtu, 18 September 2021 | 17:32 WIB

MALANG, KOMPAS.TV-Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan kabar baik bahwa Jawa Timur masuk level 1.

Hasil asesmen dari Kementerian Kesehatan tersebut disampaikan Khofifah usai melakukan tinjauan vaksinasi massal 8.000 dosis di gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya Malang, bersama Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, Sabtu (18/09/2021).

Khofifah menyebut masuknya Jatim ke level satu merupakan satu-satunya di Indonesia.

“Per kemarin yang pertama dan baru satu-satunya di Indonesia, masuk level satu. Alhamdulillah positivity rate 1,65” kata Khofifah pada wartawan.

Mantan Menteri Sosial ini juga menyebut pencapaian tersebut karena kerja keras seluruh elemen.

“Kami berangkat dari 31 Agustus, waktu itu kita pada posisi tracing 1,68. Pak Pangdam, pak Kapolda turun saya lihat sendiri memandu Babinsa, Bhabinkamtibmas, bisa akses email, silacak.  Kemudian Panglima TNI, Kapolri, juga ke titik-titik Puskesmas memastikan tim Babinsa, Bhabinkamtibmas terkoneksi sistem silacak untuk memastikan tracing bisa ditingkatkan, dan alhamdulillah per kemarin, tracing Jatim 1,68 menjadi 14,59” tambahnya.

Di Jawa Timur sendiri, total sebanyak 10 Kabupaten dan Kota yang sudah berada di level satu.

Baik dari testing, tracing, BOR, maupun angka kasus covid.

Sementara itu di Kota Malang, data satgas covid mencatat bahwa BOR di 11 rumah sakit rujukan covid sudah turun.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr.Husnul Muarif menyebut, dengan turunnya BOR kini tidak ada lagi antrean pasien di ICU maupun UGD untuk mendapatkan penanganan.

“Untuk BOR ICU saat ini terisi hanya 24,39 persen, BOR ruang isolasi 12,46 persen, dan BOR di Unit Gawat Darurat (UGD) sebesar 9,64 persen” papar Husnul saat ditemui Jumat (17/09/2021).

Kini vaksinasi terus di Kota Malang terus dikebut untuk mencapai kekebalan komunal. 

Warga berharap besar agar seluruh kegiatan bisa berjalan normal kembali.

“Sebagai mahasiswa sudah hampir dua tahun kuliah daring, inginnya segera kuliah tatap muka, karena kalau daring kurang begitu dapat mengertinya” kata Yuliana, salah satu peserta vaksinasi massal. 

#jatimlevelsatu #vaksinasimassal

Penulis : KompasTV Malang

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:20
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19